free stats

Baznas Kota Padang Raih WTP Tahun 2017

Padang AP– Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Padang kembali dinilai Kantor Akuntan Publik (KAP) dengan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).
Penetapan Opini WTP tersebut setelah KAP Heliantono dan Rekan melakukan audit terhadap arus keuangan Baznas Padang tahun buku 2017.
“Alhamdulillah. Ini berkat kerja keras dan kerja sungguh sungguh  para pimpinan dan karyawan Baznas Padang,” timpal Ketua Baznas Padang, H. Episantoso dan Wakil Ketua Bidang Keuangan, Bunda Elni Sumiarti, Jumat lalu.
KAP Heliantono dan Rekan beralamat di Jakarta. Sebelum menetapkan laporan keuangan Baznas Padang tahun buku 2017 dengan Opini WTP,  lebih dulu KAP  telah mengaudit arus keuangan Baznas Padang.
Kenapa diaudit? Selain regulasi (aturan) yang memeritahkan bahwah setiap lembaga Amil Zakat (Baca : Baznas) mesti diaudit  KAP Independen. Kemudian audit bertujuan untuk mengetahui apakah laporan keuangan  lembaga  non pemerintah itu sudah dilaksanakan dengan betul.
Dengan mendapat Opini WTP, berati para amil zakat di Baznas Padang telah  menjalankan fungsi keuangan dengan benar. Dan sudah dua tahun berturut turut Baznas Padang mendapat Opini WTP. Sebab tahun buku 2016, laporan keuangan Baznas Padang juga mendapat penilaian Opini WTP.
Ketua Baznas Padang, H. Episantoso dan Wakil Ketua Bidang Keuangan, Bunda Elni Sumiarti menuturkan, persoalan arus keuangan (uang masukan dan uang pengeluaran) dijalankan dengan teliti.Ketat.
Laporan keuangan dilakukan  setiap hari. Pihak bendahara setiap hari, kata Bunda Elini, menyampaikan laporannya kepada Wakil Ketua Bidang Keuangan. “Sehingga diketahui setiap hari berapa uang zakat yang masuk dan berapa pula uang keluar,” ujar Bunda Elni.
TERIMAKASIH
Baznas Kota Padang memiliki prinsip dalam menjalan fungsi amil dengan motto, Melayani Muzakki dan Mengayomi Mustahik’.
Artinya keberadaan pimpinan dan karyawan Baznas Padang adalah melayani.  Melayani semua pihak yang datang ke Baznas Padang. Apakah dia Muzakki (pembayar zakat) ataupun Mustahik (penerima zakat).
Berkaitan dengan semakin tingginya kepercayaan Muzakki dan Mustahik pada Baznas Padang, H. Episantoso mengucapkan terimakasih. Insya Allah kedepan etos kerja para Amil Zakat terus ditingkatkan* (Awkar)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *