free stats

Candi Sewu Terkenal Dengan Kemegahannya.

Jogjakarta,AP –  Jika anda berkesempatan untuk berwisata ke Jogjakarta, anda bisa datang dan menyaksikan langsung beberapa Candi termegah yang terdapat di Jogja ini, tentunya dengan memiliki panorama yang cantik dan mengagumkan, salah satunya adalah Candi Sewu.

Keunikan ataupun kemegahan sebuah candi tidak cukup hanya dengan sepenggal cerita masa lalunya saja. Kemegahan lain dan keajaiban sebuah bentuk candi yang tersusun apik dari batu – batu alam tersebut, membuat situs peninggalan ini menjadi semakin menarik untuk ditelusuri. Bahkan tak pernah terbayangkan bagaimana orang – orang zaman dahulu mampu membuat bangunan-bangunan cantik ini hanya dengan peralatan seadanya tanpa menggunakan teknologi seperti kebanyakan sekarang ini.

Padahal bahan dasar pembuatannya hanya menggunakan batu – batu alam yang sangat berat, namun orang – orang zaman dulu bisa membangun candi – candi ini dengan kokoh dan sangat cantik sebagai peninggalan sejarah sampai saat ini. Memang sungguh luar biasa! untuk itu kita sebagai pewaris peninggalan sejarah ini menjaga dan merawatnya dengan baik.

Candi Sewu merupakan Candi Budha terbesar ke dua di Indonesia setelah Borobudur. Sekilas bentuk Candi Sewu hampir mirip dengan Candi Prambanan. Dari namanya, pasti anda mengira bahwa area bangunan ini memiliki seribu candi. Namun, ternyata kompleks ini hanya memiliki sekitar 257 candi dengan satu candi utama, dan 8 candi pengapit, sisanya merupakan candi pewarta. Ada baiknya anda berkunjung ke tempat wisata yang satu ini jika anda berlibur ke Jogja, paling tidak untuk menjawab rasa kepenasaran anda sebagai petualang wisata.

Candi Sewu ini, tepatnya berada di lembah Prambanan yang membentang dari lereng selatan Gunung Merapi di utara sampai pegunungan Sewu diantara perbatasan Yogyakarta dengan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Namun sangat di sayangkan, akibat gempa pada tahun 2006 Candi ini mengalami kerusakan berat. Meskipun begitu, candi ini tetap terlihat mempesona sehingga membuat banyak wisatawan setiap minggunya selalu mengunjungi tempat ini, apalagi pada hari-hari libur panjang. (Red)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *