free stats

Cara Menjaga Berat Badan Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Padang,AP – Dalam menjaga berat badan saat hamil perlu dilakukan oleh setiap ibu hamil. Karena pada masa-masa tersebut, akan terjadi banyak perubahan hormon di dalam tubuh sehingga dapat menyebabkan perubahan perilaku. Salah satunya adalah nafsu makan, perubahan nafsu makan ini sering terjadi pada wanita hamil. Biasanya terjadi ketika usia kehamilan memasuki bulan ketiga.Pada masa kehamilan berlangsung, makanan adalah salah satu faktor yang sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi, namun itu tidak berarti bahwa seorang wanita hamil harus mengkonsumsi makanan secara berlebihan untuk mendapatkan asupan nutrisi pada masa kehamilannya.

Pada perjalanan masa-masa kehamilan, asupan nutrisi yang dibutuhkan bukan hanya untuk ibu saja tetapi juga untuk sang janin juga harus dipenuhi. Terkait gizi dan nutrisinya untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangannya, perlu mendapatkan perhatian khusus agar mendapatkan asupan nutrisi yang bermanfaat untuk ibu hamil dan janin. Kebutuhan nutrisi ibu hamil bukan dihitung dari berapa banyaknya makanan yang dikonsumsi, akan tetapi lebih mengarah pada jumlah nutrisi yang terkandung di dalam makanan tersebut.

Peningkatan nafsu makan pada saat hamil dapat menyebabkan kenaikan berat badan ibu hamil hingga pada level obesitas. Perlunya mengatur berat badan ideal ibu hamil adalah sesuatu hal yang diharuskan. Mengalami berat badan secara berlebihan pada masa kehamilan, berkemungkinan akan mendatangkan berbagai macam dampak buruk baik pada masa kehamilan, proses persalinan atau pasca melahirkan dan resiko lainnya.

Oleh karena itu untuk mencegah berbagai macam dampak buruk yang dapat dialami akibat obesitas pada saat kehamilan, berikut tips menjaga berat badan saat hamil untuk kesehatan ibu hamil :

  • Usahakan untuk menghindari makanan yang banyak mengandung sodium, lemak dan gula. Karena pada jenis makanan semacam ini, dapat menimbulkan dampak yang tidak baik bagi kesehatan pada ibu hamil, begitu juga pada setiap orang. Selain itu, bisa memicu terjadinya obesitas saat masa kehamilan terhadap ibu hamil. Oleh karena itu, untuk mencegah obesitas saat hamil hindari beberapa makanan seperti makanan kaleng, bakso, makanan siap saji, mie ayam atau sirup yang banyak mengandung fruktosa dan sejenisnya.
  • Usahakan untuk makan 3 kali dalam sehari. Dalam menjaga tubuh agar tetap ideal pada saat hamil bukan berarti harus dengan mengurangi makan, namun bukan berarti bebas mengkomsumsi segala jenis makanan. Yang perlu diperhatikan adalah bahwa seorang ibu hamil memerlukan nutrisi yang cukup agar terpenuhi kebutuhan sehari-hari pada janin yang sedang dikandung. Dengan demikian, untuk mencegah obesitas pada saat hamil adalah dengan makan secara teratur sebanyak 3 kali dalam sehari yaitu pagi, siang dan sore.
  • Dengan mengkomsumsi makanan yang banyak mengandung asam folat memang sangat dibutuhkan pada masa-masa kehamilan, apabila kekurangan asam folat pada masa kehamilan dapat menyebabkan terjadinya spina bifida yaitu suatu kondisi terganggunya penutupan medula spinalis. Beberapa makanan yang banyak mengandung asam folat adalah jeruk, kacang-kacangan, bayam, sereal, asparagus.
  • Dengan rutin berolahraga dipagi hari merupakan tindakan tepat untuk mencegah obesitas pada ibu hamil. Akan tetapi olahraga yang dimaksud adalah olah raga ringan yang bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh seperti berjalan-jalan pada pagi hari. Apabila anda rutin melakukan olah raga jalan pagi tersebut akan dapat membantu mengurangi kolesterol dan lemak pada ibu hamil sehingga obestitas dapat dihindari dengan baik.

Demikianlah keterangan singkat yang mudah untuk difahaminya, yang tentunya bisa membantu anda dalam menjaga kesehatan berat badan saat ketika anda hamil sampai si buah hati anda lahir dengan sehat dan normal nantinya.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *