free stats

Dinas PUPR Sumbar Anggarkan Jalan Nipah-Teluk Bayur 13 Milyar

Sumbar,AP– Selesainya Pembangunan jalan Nipah-Teluk Bayur sepanjang 7 kilometer yang dimulai sejak tahun 2010 lalu, ini merupakan pembukaan akses jalan untuk pertumbuhan ekonomi yang baru bagi kota padang.

Pembangunan jalan Nipah-Teluk Bayur ini adalah program Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Sumbar dengan anggaran Rp13 milyar lebih dari dana DAK/APBN yang dialokasikan pengerjaan jalan alternatif itu.

Dibukanya jalan lingkar Nipah – Teluk Bayur ini termasuk untuk tujuan pemerintah provinsi dan daerah dalam pengembangan wisata sekaligus kemudahan akses transportasi.

Seperti diketahui, jalan Nipah – Teluk Bayur sepanjang 7 kilometer telah direncanakan dimulai semenjak 1990 silam sebagai kawasan wisata yang juga sebagai jalur alternatif untuk pemecah macet di kawasan Teluk Bayur.

Jalan ini memiliki arti pen­ting dan menjadi pro­yek strategis Pemprov Sum­bar. Keberadaannya dapat menjadi jalan pem­buka pengembangan wilayah Ko­ta Padang.

Jalan lingkar ini membuat akses ke pantai air manis menjadi dekat dan bagus, maka objek wisata tersebut akan makin ramai dikunjungi wisatawan. Hasilnya, akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat di sekitar pantai,” sebut Gubernur Irwan Prayitno Januari 2018 lalu.

Diakuinya, keberadaan infrastruktur jalan sangat penting dalam mengembangkan objek pariwisata. Jalan lingkar Nipah-Teluk Bayur menurutnya akan menjadi pilihan baru bagi warga Kota Padang dan wisawatan untuk mencapai objek wisata Pantai Air Manih. “Sepanjang jalannya juga menyajikan spot yang bagus, ini bisa ramai pula nanti,” ujarnya.

Kepala Dinas Fhatol Bahri di damping Bidang (Kabid) Bina Marga PUPR Sumbar, Dedi Rinaldi mengatakan, pengerjaan jalan Nipah – Teluk Bayur telah mulai dikerjakan. Bahkan pengerjaanya telah dilakukan semenjak bulan lalu. “Alhamdulillah jalan ini sudah selesai dan dapat imanfaatkan dan berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan besaran Rp13 miliar dengan panjang pengerjaan lebih kurang 7 Kilometer. “Dananya semuanya DAK ,” kata Dedi.

Os salah seorang tokoh pemuda masyarakat setempat mengatakan, bersyukur sekali dengan dibangunnya jalan Nipah – Teluk Bayur ini oleh pemerintah, sehingga masyarakat dilingkungan sini, bisa puka usaha baru untuk menambah peningkatan ekonominya.” jelasnya.(Adv)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *