free stats

Dinas Sosial Sumbar Terus Ukir Prestasi Untuk Solusi Bebaskan Kemiskinan

d5Padang, AP – Dinas Sosial melalui Bidang Pemberdayaan Sosial mengadakan Bimbingan Motivasi Sosial / Keterampilan Berusaha Bagi Keluarga Miskin yang diadakan di Hotel Aliga Padang dari tanggal 19 s.d 21 September 2016. Peserta kegiatan ini berasal dari Kab. Pasaman Barat dan Kab. Solok Selatan yang berjumlah 48 orang. Kegiatan ini memberikan keterampilan bagi Keluarga Miskin sehingga mereka diharapkan mampu membantu perekonomian keluarga. Narasumber dari kegaitan ini berasal dari Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat.

Paradigma terhadap penanganan masalah sosial tidak saja terfokus pada substansi kemiskinan, tetapi sudah bergeser pada pembangunan keluarga atau “ Family Resilience “ ( ketahanan keluarga ).

?

Ketahanan keluarga dimaksud merupakan  kemampuan keluarga dalam mengelola sumber daya yang dimiliki serta menanggulangi masalah yang dihadapi, untuk dapat memenuhi kebutuhan fisik maupun psikososial keluarga, guna mencapai suatu Kesejahteraan , melalui proses pengelolaan penanggulangan masalah Psikososial keluarga. Indikator kuatnya ketahanan keluarga ditandai dengan kuatnya ketahanan ekonomi, pendidikan, akhlak, dan keharmonisan serta hubungan anggota keluarga yang baik dan sakinah.

Sejak satu dasawarsa terakhir permasalahan keluarga cenderung terus meningkat baik secara kuantitatif maupun kualitatif, berbagai bentuk permasalahan keluarga seperti Kekerasan Dalam Rumah Tangga ( KDRT ), perselingkuhan, kekerasan sexual, aborsi, penculikan anak dan konflik dalam masyarakat. Oleh sebab itu masyarakat membutuhkan media untuk berbagi, berkonsultasi dalam rangka peningkatan ketahanan keluarga yang mampu mencarikan alternatif solusi  dalam penanganan permasalahan  yang sedang dihadapi oleh keluarga.

dinsos-sumbar-abdulBerdasarkan hasil pemetaan data Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial yang dihimpun oleh Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat dari beberapa Kab/Kota pada tahun 2016 ditemukan 323 keluarga bermasalah sosial psikologis dan 4324 KK Perempuan Rawan Sosial dan keluarga rentan  yang masih  memerlukan  penanganan sosial dari Dinas Sosial maupun Staekholder yang terkait dengan penanganan   permasalahan keluarga miskin atau rawan sosial ekonomi . Salah satu media solusi alternatif yaitu peningkatan keterampilan dan kemampuan keluarga melalui Bimbingan Motivasi Sosial /Keterampilan.

Pelaksanaan BimbinganMotivasi Sosial / Keterampilan Berusaha bagi Keluarga Miskin (Dalam rangka Harganas) bertujuan untuk  meningkatkan kesejahteraan sosial keluarga miskin / wanita rawan sosial ekonomi yang telah mendapat BimbinganMotivasi Sosial / Keterampilan Berusaha bagi Keluarga Miskin (Dalam rangka Harganas).

Sebelumnya, Pemprov Sumbar mendapat penghargaan dari Kementerian Sosial (Kemensos) kepada Dinas Sosial (Dinsos) Sumbar, atas Realisasi dan Laporan Kegiatan Terbaik dalam Program Penanganan Fakir Miskin Semester I tahun 2016.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *