free stats

Dinsos Sumbar Dan Mensos RI Beri Bantuan Korban Banjir Dan Longsor Di Lima Puluh Kota

Padang AP-Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa dan Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat mengantarkan bantuan bagi korban banjir longsor Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat (Sumbar).

“Bantuan logistik yang kami bawa yakni tenda gulung, matras, selimut, paket lauk pauk, dan paket sandang, serta bantuan santunan kematian kepada ahli waris korban meninggal dunia,” ungkap Khofifah di Padang, Kamis (9/3/2017).

Foto Gafar S Koto.Khofifah menjelaskan sebelum menyalurkan bantuan, tim dari Kemensos telah turun ke lapangan dua hari pascabencana terjadi, mendirikan lima dapur umum di sejumlah titik, serta mendata kebutuhan bantuan yang sangat diperlukan masyarakat.

“Kalau terjadi bencana, jajaran Kemensos pasti turun ke lapangan menyediakan dapur umum dan logistik. Jangan sampai masyarakat kelaparan. Untuk bantuan bahan pangan, khususnya beras, selanjutnya pemerintah daerah bisa menggunakan cadangan beras pemerintah, selama sudah diterbitkan surat keputusan tanggap darurat,” jelasnya.

Foto Gafar S Koto.Menyikapi banjir longsor di Kabupaten Lima Puluh Kota, Pemerintah Provinsi Sumbar melalui Dinas Sosial  sebelumnya telah mengirimkan sejumlah bantuan berupa logistik maupun uang.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno yang di dampingi oleh Kadis Sosial Abdul Gafar, menjelaskan bantuan uang yang diberikan yakni dari Baznas senilai Rp750 juta, rendang 200 kg, dan beras 25 ton, dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Rp750 juta.

Pengiriman logistik dan bantuan barang menuju Kabupaten Lima Puluh Kota sebagiannya dikirim menggunakan dua unit helikopter dari Basarnas dan BNPB, khususnya ke tiga nagari di Kecamatan Kapur IX yang sempat terisolir akibat jalur darat terputus karena longsor. (Dodik Setyo/NGH/malus)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *