free stats

GSI Gurun Laweh, Nanggalo Dinilai Tim Kota Padang

Padang,AP– Lima orang tim penilai lomba Gerakan Sayang Ibu (GSI) tingkat Kota Padang menilai Gerakan Sayang Ibu (GSI), Kelurahan Gurun Laweh, Kecamatan Nanggalo yang mewakili lomba tingkat Kota Padang. Kedatangan tim penilai tersebut disambut Lurah Gurun Laweh, Pagara Anas, SSTp, MM, Ketua Satgas GSI dokter Hudilla Rifa Karmia, SpoG, tari pasambahan dari anak-anak usia dini, kaum ibu-ibu dan suami siaga, Jumat, (28/10).

Lima orang tim penilai GSI Kota Padang terdiri dari Dra. Mardanis, sebagai ketua, Dra. Indriani anggota, Nudawati anggota, Loly N anggota, Nelda anggota mengawali penilaian dengan berdialog, dan mengajukan pertanyaan. Setiap pertannyaan yang disampaikan, semuanya terjawab dengan baik. Terakhir menanyakan, apakah ibu-ibu hamil yang rajin memeriksakan kandungan diberi reward, juga dijawab denga memauskan. Setelah itu, juga telah melakukan kegiatan USG gratis untuk ibu –ibu hamil sebanyak 14 orang di lingkungan Gurun Laweh. Ini luar biasa sekali, ucap Mardanis.

Semua kegiatan yang dilakukan itu, untuk menekan Angka Kamatian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB). Data-data, dan peta ibu hamil, juga telah dipajang, serta stiker ibu hamil juga telah di tempelkan di rumah mereka. Maka siapa saja bisa mengetahui, bahwa di rumah dikamsud ada ibu hamil. Data pendonor dan kesiapannya juga telah disiapkan, ambulance desa ( mobil masyarakat) juga telah dipersiapkan, dana tabungan ibu hamil (Tabulin), dana sosial ibu hamil (Dasolin) juga telah dikumpulkan. Semua indikator penilain telah dilakukan GS Gurun Laweh besama masyarakatnya. Dan pada intinya semua komponen peduli tehdap ibu hamil. Semua itu telah diperlihatkan dengan nyata GSI Gurun Laweh, sebut Ketua tim Penilai Mardanis.

Sedangkan Lurah Gurun Laweh Pagara Anas menyampaikan, luas wilayahnya 0,85 KM2, dengan jumlah penduduk 826 Kepala Keluarga (KK)/ 3.182 orang terdiri dari laki-laki 1.597 orang perempuan 1.585 orang. Semua kegiatan Gsi telah dilakukan, mulai dari pendataan, peta, pendonor, mobil ambulance, ambulan desa, dan dimana saja keberadaan ibu –ibu hamil bisa diketahui bersama diwilayah kelurahan Guru Laweh terdiri dari 3 Rw dan 11 Rt ini. Semua itu pada intinya kebersamaan yang harmonis, sehingga terjalin kamunikasi yang baik antar sesama warga.

Ketua Satgas GSI Gurun Laweh dokter Hudilla Rifa Karmia, SpoG juga menyampaikan dengan baik, ekspos kegiatan GSI dengan masyarakat, mulai dari tatap muka, memberikan pemahaman tentang kesehatan ibu hamil, data-data, penempelan Stiker hingga pemeriksaan dari Ultra Sono Grafi (USG) dan lain sebagainya.

Dokter Hudilla menjelaskan, USG adalah suatu metode atau alat yang digunakan untuk mengobservasi keadaan bayi dan kandungan dari rahim seorang ibu yang sedang hamil. Cara kerja USG ini adalah dengan menggunakan gelombang suara dimana gelombang suara dipancarkan kedalam rahim kemudian dipantulkan kembali ke media penerima yang kemudian ditampilkan kedalam layar komputer dalam bent. Kini USG menjadi metode paling ampuh untuk mengetahui kondisi janin didalam rahim, karena USG aman bagi janin dan rahim. Selain itu dengan USG kita bisa melihat langsung apa yang terjadi didalam kandungan pada saat itu juga.

Manfaat USG, kata Doker Hudilla, untuk mengetahui usia kehamilan. Mengetahui pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungan. Kemudian Gerakan Sayang Ibu bertujuan untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu karena hamil, melahirkan dan nifas.Gerakan Sayang Ibu mempunyai tujuan untuk peningkatan dan perbaikan kualitas hidup perempuan sebagai sumber daya manusia.Meningkatkan pengetahuan ibu atau kaum perempuan mengenai perawatan kehamilan, proses melahirkan yang sehat, pemberian ASI Ekslusif dan perawatan bayi.Memantapkan komitmen dan dukungan terhadap Gerakan Sayang Ibu.Meningkatkan kepedulian dan dukungan sector terkait terhadap upaya penanggulangan penyebab kematian ibu dan bayi secara terpadu.Meningkatkan kualitas hidup perempuan dan anak melalui upaya penurunan angka kematian ibu dan bayi(hms)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *