free stats

Jamilus Resmi Tutup MTQ ke 38 di Kec.Pauh,Koto Lua Masih Juara Bertahan

Padang AP– Ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-38 di tingkat Kecamatan Pauh resmi ditutup Pjs Walikota Padang diwakli Kabag Kesra Jamilus, Kamis (29/3) malam di halaman Masjid Quba, Lambung Bukit.

Selaku juara bertahan, Kelurahan Koto Lua sukses mempertahankan status juara umumnya dalam lomba keagamaan yang diikuti diikuti antar 9 kelurahan di kecamatan tersebut. Sementara untuk kategori pelaksanaan pawai terbaik diraih Kelurahan Limau Manis Selatan.

Kabag Kesra Jamilus menyampaikan, tujuan pelaksanaan MTQ memang penting digelar. Pertama sebagai ajang evaluasi kegiatan keagamaan di Kota Padang.

“Alhamdulillah dari pelaksanaan MTQ ini melihatkan porgram kegiatan keagamaan di kota ini cukup sukses. Mengingat tingginya antusias para peserta, official dan semua elemen masyarakat menyambut kegiatan ini,” imbuhnya.

Selanjutnya katanya, ajang ini juga dalam rangka mencari bibit qari-qariah terbaik, dimana nantinya bakal memperkuat kecamatan pada MTQ tingkat kota ataupun nantinya mewakili kota di tingkat provinsi bahkan kalau bisa sampai nasional.

“Di samping itu juga ajang silaturahmi antar sesama kafilah dan official demi meningkatkan ukuwah. Terutama sekali bagaimana menggelorakan atau membumikan Alquran di tengah-tengah masyarakat,” cetusnya.

Jamilus menjelaskan,berbicara kiprah kafilah Kota Padang pada pelaksanaan MTQ di tingkat provinsi memang memiliki prestasi cukup mentereng. Hal itu dikarenakan, dari sebanyak 37 kali pelaksanaan MTQ yang diikuti 19 kabupaten/kota se-Sumatera Barat itu Padang telah mampu 24 kali menjadi juara umum.

“Hal ini merupakan berkat upaya da kerja keras kita semua. Salah satunya melalui pelaksanaan MTQ dari tingkat kecamatan bahkan sampai kelurahan demi mencari bibit-bibit handal sebagai qari-qariah. Kita berharap, Insya Allah Kota Padang kembali menjadi juara umum di MTQ tingkat Sumbar di Kota Solok nantinya,” harap Jamilus.

Camat Pauh Yefri mengatakan, pelaksanaan MTQ ke-38 tingkat Kecamatan Pauh tersebut dilakukan selama dua hari, Rabu-Kamis (28-29/3) dengan melombakan 6 cabang. Ia pun menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat menyukseskan kegiatan tersebut.

“Alhamdulillah semua pelaksanaannya berjalan baik dan lancar dari pembukaan sampai penutupan. Kita berharap, semoga kafilah terbaik dari Kecamatan Pauh mampu bersaing menjadi yang terbaik di MTQ tingkat selanjutnya,” tandasnya.

Dalam penutupan MTQ tersebut, juga diserahkan hadiah berupa trophy dan tabanas bagi masing-masing kafilah yang menjadi pemenang. Juga hadir Kasi Bina Masyarakat (Bimas) Kemenag Padang, M. Sarkoni, Anggota DPRD Sumbar Rahmat Saleh yang juga selaku tokoh masyarakat setempat, ninik mamak, alim ulama, bundo kanduang, keluarga kafilah dan lainnya.(dv)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *