free stats

Jenis Sayuran Untuk Kesehatan Ibu Hamil

TS – Sayuran yang mengandung banyak zat dan vitamin, sangat diperlukan untuk membantu perkembangan janin untuk kesehatan ibu hamil. Sayuran hijau lebih mengandung banyak vitamin, seperti zat besi dan lain-lain. Berikut jenis sayuran yang baik untuk kesehatan ibu hamil diantaranya :

  1. Daun Singkong
    Daun singkong merupakan sayuran untuk ibu hamil yang kaya akan kandungan antioksidan. Kandungan tersebut sangat berfungsi dalam melawan serangan radikal bebas. Selain itu, manfaat daun singkong berkhasiat untuk mencegah serangan tumor, kanker dan sejenisnya.
  2. Kangkung
    Manfaat sayur kangkung untuk ibu hamil adalah mampu mengobati atau mengatasi diabetes selama masa kehamilan, dan kangkung ini sangat cocok bagi anda yang sedang menyusui, karena kandungan nutrisi yang terdapat dalam kangkung mampu memperlancar ASI.
  3. Brokoli dan bayam
    Sebaiknya sayuran untuk menjaga kesehatan ibu hamil adalah sayuran berdaun hijau tua, antara lain brokoli dan sayur Sayuran ini memiliki vitamin dan nutrisi yang melimpah. Karena diketahui bahwa brokoli dan bayam kaya akan kandungan vitamin A, vitamin C dan vitamin K.
  4. Kedelai Jepang
    Kedelai ini memang berasal dari negara Jepang. Kedelai ini memiliki ukuran yang lebih besar daripada kedelai pada umumnya.Di Jepang, jenis kedelai ini biasa dimasak dalam bentuk sup atau disantap sebagai camilan dengan rasa yang gurih.Sayuran untuk ibu hamil ini kaya akan kandungan vitamin C, vitamin K, fosfor, kalium, mangan, protein, riboflavin, magnesium dan zat besi.Kedelai Jepang ini mengandung protein tinggi yang bisa menggantikan protein pada ikan, daging, ayam dan protein hewani lainnya.
  5. Jipang (labu siam)
    Jipang atau yang biasa disebut labu siam merupakan sayuran untuk menambah kesehatan ibu hamil, karena memiliki banyak kandungan serat yang terdapat di dalamnya. Serat tersebut dapat membantu mengatasi masalah pencernaan yang seringkali dialami oleh ibu hamil. Kandungan asam folat di dalam labu siam atau jipang sangat baik untuk janin selama kehamilan, dan dapat mengurangi resiko kelahiran cacat pada bayi.
  6. Daun Katuk
    Daun katuk sangat berkhasiat dalam melancarkan air susu ibu/ASI, terbukti dengan banyaknya produk-produk susu khusus ibu hamil dan ibu menyusui yang mengandung daun katuk tersebut.
  7. Sayuran jagung
    Jagung merupakan sayuran untuk ibu hamil yang bisa langsung dikonsumsi, bisa dengan di rebus dan Jagung ini memiliki vitamin B12 yang mampu mencegah anemia serta mempertahankan keseimbangan tubuh. Selain itu kandungan kalium yang terdapat di dalam jagung dapat berperan dalam menjaga keseimbangan, sehingga organ tubuh dapat berfungsi dengan tepat. Dan jagung juga dapat menjadi sumber protein yang membantu dalam membentuk jaringan otot baru. Sehingga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh bagi anda yang sedang menjalani masa kehamilan atau membantu menjaga kesehatan ibu hamil.
  8. Terong ungu
    untuk jenis terong ungu ini merupakan sayuran untuk membantu menjaga kesehatan ibu hamil, diketahui banyak memiliki kandungan asam folat yang berperan dalam mencegah kerusakan otak bayi di dalam kandungan.Terung ungu mengandung zat besi, serat kalori, vitamin B1, B2, C dan juga protein yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil.
  9. Kacang panjang
    Nah, untuk jenis sayur kacang panjang ini perlu juga kami uraikan bahwa kacang panjang memiliki kalori yang rendah dan memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan ibu hamil. Selain itu, kandungan serat pada kacang panjang dapat melancarkan pencernaan anda. Kacang panjang kaya akan kandungan vitamin C yang dapat meningkatkan sistem imun, dan kacang panjang memiliki kandungan zat besi yang sangat baik untuk kesehatan anda sedang menjalani masa kehamilan.

Demikianlah berikut jenis sayuran yang baik untuk kesehatan ibu hamil, selamat mencoba. (**)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *