free stats

Kapolres Deny Rendra Laksamana Tidak Akan Lama Lagi Bergelar Sutan Tejo Bandaro Ameh

Andalaspos.com –  Kepala Kepolisian Resor Kota Pariaman, AKBP Deny Rendra Laksamana, M.Psi akan menerima gelar adat Minangkabau dari Suku Jambak, V Koto, Kampung Dalam, Kota Pariaman dalam waktu yang dekat.

Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumbar, Datuak Sayuti di Padang, Jum’at (2/4/2020) mengatakan bahwa pemberian gelar kepada kapolres adalah gelar Sang Sako. Gelar ini merupakan kehormatan yang diberikan kepada orang luar Minang yang telah berdedikasi tinggi bagi anak kemenakan di Minangkabau. Dan yang termasuk kriteria itu salah satunya Kapolres Kota Pariaman.

Pemberian gelar, kata Sayuti, sebetulnya protap (program tetap) dari LKAAM, berdasarkan kinerjanya sebagai kapolres yang telah melakukan pengayoman, pembinaan, dan penegakan hukum yang baik di Kota Pariaman.

Ia menambahkan gelar yang diberikan yaitu Sultan Tejo Bandaro Ameh dan menggandeng pihak LKAAM Pariaman.

“Kami akan melewakan bersama LKAAM Pariaman nantinya, kemudian akan dibuatkan SK-nya, piagam serta baju kebesaran adat pada saat pengukuhan dan kemungkinan pada saat bulan puasa nanti akan dilewakan,” paparnya.

Sementara itu, Kapolres Kota Pariaman AKBP Deny Rendra Laksamana merasa bangga dan terharu atas pemberian gelar tersebut. Dengan pemberian apresiasi tinggi dari Suku Jambak, kata Deny, akan meningkatkan lagi kinerja dan performa pelayanan untuk masyarakat Kota Pariaman.

“Pada intinya saya akan tetap optimal dalam segi pelayanan, dan dengan gelar ini masyarakat Minangkabau telah menunjukkan apresiasi kepada orang luar Minang yang telah memberikan kontribusi positif terhadap keamanan, ketertiban serta kesejahteraan masyarakat Pariaman khususnya,” ujarnya.

Secara pribadi, lanjut Deny, ia akan menjalin komunikasi dengan pihak mamak dan kemenakan, juga mempelajari lebih dalam tentang adat istiadat Minangkabau.

“Tentunya setelah pemberian gelar ini, saya akan mendorong anggota saya untuk memberikan pengabdian yang lebih, serta berusaha menggandeng pihak-pihak mamak dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Kota Pariaman”, pungkasnya.(R)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *