free stats

Karang Taruna Batuang Sarumpun Berpeluang Menjadi Terbaik di Indonesia

Padang AP– Karang Taruna (KT) Batuang Sarumpun, Kelurahan Batuang Taba, Kecamatan Lubuak Bagaluang masuk nominasi terbaik penilaian pilar-pilar sosial berprestasi nasional.

Selasa (14/11/2017) ini, KT Batuang Sarumpun dikunjungi tim penilai nasional untuk penilaian lapangan. Setelah masuk ke posisi tiga besar, KT ini berpeluang jadi yang terbaik di Indonesia.

Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah menyebutkan, peran Karang Taruna Batung Sarumpun di lingkungannya memang menonjol. Untuk itu terus didorong agar eksistensinya mampu membawa dampak peningkatan pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat.

“Eksistensi karang taruna terus didorong agar perannya mampu meningkatkan pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Menjadi nomor satu di tingkat Sumbar, kata Walikota, hal itu membuktikan Karang Taruna Batuang Sarumpun telah berperan maksimal. Dalam penilaian hari ini diharapkan juga menjadi yang terbaik di tingkat nasional.

“Dalam penilaian kali ini kita harapkan Batuang Sarumpun juga jadi nomor satu,” katanya.

Menurut Mahyeldi, pembinaan dari Dinas Sosial untuk peningkatan peran Karang Taruna menunjukkan hasil yang baik. “Pemko Padang akan selalu memberikan dukungan untuk pembinaan karang taruna,” ujarnya.

Selain Dinas Sosial Kota Padang, dukungan juga diberikan untuk pembinaan karang taruna dari Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat.

“Dinas Sosial provinsi menganggarkan 780 juta untuk pembinaan Karang Taruna,” kata Kepala Dinsos Sumbar Abdul Gafar.

Adapun Karang Taruna Batuang Taba yang dimotori Asran dan kawan-kawan berhasil memberdayakan pemuda untuk membentuk berbagai usaha. Usaha yang digeluti mulai dari berkebun jagung, budidaya ikan lele dan nila. Selain itu, Karang Taruna yang berdiri sejak 1985 ini juga aktif dalam kegiatan sosial seperti bedah rumah dan membantu masyarakat yang menderita penyakit kanker atau lumpuh.

“Selain giat mengembangkan ekonomi, Karang Taruna Batung Sarumpun juga aktif di lapangan sosial,” ungkap Risyandi selaku tokoh masyarakat sekaligus Majelis Pembina Karang Taruna (MPKT) Batung Sarumpun.

Kunjungan tim penilai kali ini istimewa karena langsung didampingi oleh Sekjen Kementerian Sosial Harry J. Soeratin. Selain itu oleh tuan rumah, tim dijemput di ujung jalan menggunakan bendi tradisional ke lokasi. Kemudian rombongan tim dan tetamu yang hadir dijamu makan siang ala adat Minangkabau. (hms)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *