free stats

Komandan Lantamal II Hadiri Peluncuran Kapal Pembersih Sampah

Padang, AndalasPos.com – Bertekad menjadikan Kota Padang sebagai Kota terbersih dan bebas sampah. Maka, tentu berbagai pihak turut dilibatkan seperti kali ini dari Bank Nagari bersama Lantamal II yang meluncurkan Kapal Pembersih Sampah.

Peluncuran kapal pada Rabu, (10/02/2021) di Lapangan Terbuka Pantai Air Manis itu diberikan langsung ke Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang lewat upacara sederhana. Dalam kesempatan itu Komandan Lantamal II Padang, Laksamana Pertama Hargianto, S.E., M.M., M.Si (Han) turut menyampaikan sambutan.

Ia mengatakan bahwa kebersihan sungai sangat baik bagi lingkungan. Kebersihan sungai kan berdampak bagi kunjungan kepariwisataan.

“Bila sungai bersih dari sampah, manfaatnya banyak untuk ekosistem laut dan juga untuk kunjungan wisatawan baik itu lokal maupun internasional,” paparnya.

Kebersihan, tegas Hargianto, juga akan menyasar kepada kehidupan ikan dan terumbu karang. Apabila terjaga, maka tidak sedikitpun ditemukan sampah saat berenang di laut.

Rangkaian kegiatan pagi itu dimulai dengan penempelan stiker edukatif di sekitaran Batang Arau yang berisi imbauan dan ajakan masyarakat untuk tidak membuang sampah ke dalam sungai. Selanjutnya bersama dengan Wakil Wali Kota dan Kadis Lingkungan Hidup, Danlantamal II melakukan penyisiran kali sungai untuk membersihkan sampah bersama-sama.

Kegiatan pembersihan ini dihadiri oleh Wakil Walikota, Kadis Lingkungan Hidup, Perwakilan Prajurit Lantamal II, Dansatrol, Aspotmar, Kadispotmar Perwakilan Bank Nagari, Penggiat Lingkungan Hidup, Akademisi, serta ormas. Sebetulnya kegiatan ini dilatarbelakangi oleh inisiator Danlantamal II yang beberapa waktu lalu ikut goro membersihkan Pantai Padang. Hingga berlanjut kepada rapat koordinasi antar unsur pejabat di Kota Padang dalam membersihkan Sungai Batang Arau.(Dspnlntml/RR)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *