free stats

KSB Sungai Sapiah Teraktif Dikuranji

PADANG AP—Kelompok Siaga Bencana (KSB) Kelurahan Sungai Sapiah paling aktif di lingkungan kecamatan Kuranji. Hal itu telah dibuktikannya kepada masyarakat pada saat terjadi bencana, seperti musibah banjir dan lain sebagainya. Mereka 20 orang selalu hadir membantu masyarakat yang sedang kesusahan akibat bencana banjir menimpa. Mereka bekerja dengan iklas, tanpa pamrih. Untuk itu yakinlah pasti akan memperoleh pahala dari Allah Swt, ucap Wakil Walkota Ir.H. Emzalmi, MS.i pada pembukaan pelatihan Mitigasi kebencanaan Kelompok Siaga Bencana Kelurahan Sungai Sapiah, Sabtu (21/1).

Pada pembukaan pelatihan Mitigasi kebencanaan Kelompok Siaga Bencana tersebut juga hadir anggota DPRD Kota Padang Iswandi Muchtar sekaligus ketua LPM Sungai Sapiah, dan Muzni Zen anggota DPRD Kota Padang serta para anggota Pemuda Pancasila.Sejalan dengan itu Wakil Walikota Padang H., Emzalmi juga memberitahukan, bahwa daerah Sungai Sapiah, terpasuk kjomplek perkantoran balaikota, Aia Pacah adalah kawasan rawan bencana. Kondisinya rendah, sekitar 6 meter dari permukaan laut. Ketika hujan lebat terjadi, maka kawasan Sungai Sapiah ini mudah tergenang, ditambah lagi pasang air laut sedang naik. Hal ini harus diketahui masyarakat. KSB harus memberitahukan kepada masyarakat, bagaimana menghadapi, dan menolong teman saat terjadi musibah banjir. Sehingga masyarakat paham saat terjadi bencana di lingkungannya.

Kebiasaan masyarakat, dikala terjadi bencana banjir, katakanlah demikian, panik dalam pimikiran langsung pula menyelinap. Hal ini tentu akan lebih mempersulit dirinya menghadapi masalah banjir tersebut. Sebenarnya, ketika terjadi musibah, apapun bentuknya, justru lebih konsentrasi, sehinggan bisa menghadapi serta bagaimana solusi emergensi saat itu.Misalnya saja, jika terjadi gempa, kita harus keluar rumah, mencari lokasi yang tak ada bangunan yang akan menimpa, kata Emzalmi.

Setelah itu, bagaimana memprioritaskan menangangi masalah banjir, apa yang harus dilakukan masyarakat. Dan yang jelas di daerah ini, masih perlu membuat waduk untuk penampungan air. Kemudian perlu juga diingatkan, ketika hujan, di daerah ketinggian Kuranji asirnya langsung mengalir ke daerah Sungai Sapiah ini.

Sedangkan Camat Kuranji Rahmadeny Putri juga menyampaikan, bahwa KSB Sungai sapiah memang terbaik, selalu jadi mkitra kecamatan saat terjadsi musibah banjir. Kapan saja dihubungi pasti siap untuk dimintakan bantuan. Tanaga dan bantuan para anggota KSB Sungai Sapiah pantas diberikan acungan jempol.

Memang KSB teraktif dari yang lainnya, bekerja sepenuh hati, iklas tanpa minta balasan. Menolong tanpa diminta, ini artinya mereka telah menghayati sebagai anggota KSB, sehingga tahu dan mengerti tugas dan fungsinya. Hal ini yang membuat semua masyarakat salut dan merasakan bantuan yang diberikan saat terjadi bencana banjir(Hms)

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *