free stats

Mahyeldi: Relawan Tagana Siap Bekerja Keras Menghadapi Bencana

Padang,AP– Pengurus Forum Koordinasi Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Padang periode 2017-2020 dilantik Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo, di Aula Pertemuan Palanta Rumah dinas, Kamis (19/1).
“Tagana harus tahan ‘batanggang’ (begadang), tahan panas, tahan dingin,” kata Mahyeldi saat memberi  kata sambutan di Palanta kediamannya.
Walikota mengatakan, selaku relawan penanggulangan bencana, Tagana diminta siap menghadapi kondisi yang paling ringan hingga kondisi terburuk menghadapi bencana. Tagana dibentuk untuk mendayagunakan dan memberdayakan generasi muda dalam penanggulangan bencana.
“Tagana membantu pemerintah dalam penanggulangan bencana, baik sebelum, pada saat, dan sesudah terjadinya bencana,” ungkap Mahyeldi.

Diakui Mahyeldi, Padang termasuk daerah potensi bencana. Karena itu, keberadaan Tagana cukup tepat sebagai relawan penanggulangan bencana.
“Dalam sisi keagamaan, Tagana melaksanakan syariat Islam, karena siap siaga itu sunnah dan syariah,” terang Mahyeldi.
Cukup banyak tugas fungsi Tagana dalam bekerja, seperti melaksanakan pemetaan dan pendataan daerah rawan bencana, melaksanakan  kegiatan pengurangan risiko bencana di lokasi rawan bencana, termasuk melaksanakan upaya-upaya pemulihan sosial korban bencana.
“Tagana juga bekerja mengidentifikasi dan mendata korban bencana, serta identifikasi kerugian material pada korban bencana, dan lainnya,” ucap Mahyeldi. (hms)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *