free stats

Masyarakat Talang Babungo Apresiasi Pembangunan Rehabilitasi/Pemeliharaan Jaringan Irigasi Bandar Silanjai

Kab. Solok, TS – Kegiatan pembangunan rehabilitasi/pemeliharaan jaringan irigasi (DAK) bandar Silanjai, Kenagarian Talang Babungo, Kecamatan Hiliran Gumanti, Kabupaten Solok, yang dikerjakan oleh CV. Empat Putra. Mendapat apresiasi masyarakat sekitar, khusunya warga Talang Babungo. Karena pembangunan ini sangat membantu atau bisa juga diartikan sebagai usaha penyediaan, pengaturan, dan pembuangan air untuk menunjang pertanian dan sejenisnya bagi para Petani.

Dikatakan Deni, Direktur CV. Empat Putra, Irigasi adalah sistem untuk mengairi suatu lahan dengan cara membendung sumber air. Atau bisa juga diartikan sebagai usaha penyediaan, pengaturan, dan pembuangan air untuk menunjang pertanian dan sejenisnya. Irigasi ini terbagi bermacam-macam bentuk meliputi irigasi permukaan, irigasi rawa, irigasi air bawah tanah, irigasi pompa, dan irigasi tambak. Semuanya difungsikan untuk menunjang sistem pertanian.

Didunia pertanian, tidak bisa dipungkiri bahwa fungsi dari irigasi sangatlah penting. Irigasi biasa dimanfaatkan oleh petani, khususnya petani pada lahan persawahan untuk mengairi dan memberikan pasokan air di lahan pertanian Talang Babungo ini. Kita tahu, tujuan irigasi pada suatu daerah adalah upaya rekayasa teknis untuk penyediaaan dan pengaturan air dalam menunjang proses produksi pertanian, dari sumber air ke daerah yang memerlukan serta mendistribusikan secara teknis dan sistematis. Diharapkan dengan pembangunan irigasi ini, para petani semakin terbantu. Jelas Deni

kantor-pu-kab-solok-2

Kantor Dinas PU Kabupaten Solok

Selain itu, manfaat irigasi adalah untuk membasahi tanah, yaitu pembasahan tanah pada daerah yang curah hujannya kurang atau tidak menentu. Untuk mengatur pembasahan tanah, agar daerah pertanian dapat diairi sepanjang waktu pada saat dibutuhkan, baik pada musim kemarau maupun musim penghujan. Untuk menyuburkan tanah, dengan mengalirkan air yang mengandung lumpur & zat – zat hara penyubur tanaman pada daerah pertanian tersebut, sehingga tanah menjadi subur. Sedangkan pada daerah dingin, dengan mengalirkan air yang suhunya lebih tinggi dari pada tanah, sehingga dimungkinkan untuk mengadakan proses pertanian pada musim tersebut. Papar Deni.

Dilain kesempatan, Dengan dibangunnya rehabilitasi/pemeliharaan jaringan irigasi bandar silanjai oleh pemerintah Kabupaten Solok. Diharapkan petani tidak lagi kesulitan dalam mengairi lahan pertanian mereka karena sudah adanya sistem irigasi yang akan selalu menyalurkan sumber air yang tak pernah berhenti. Pemerintah sudah memberikan fasilitas irigasi dan membangun sistem irigasi untuk dimanfaatkan oleh para petani kita. Ungkap Walinagari setempat.

Lebih lanjut dipaparkannya, manfaat saluran irigasi adalah melancarkan aliran air ke lahan sawah, mencukupi kebutuhan air pada lahan pertanian, mempermudah para petani untuk mengairi lahannya dan merupakan salah satu sarana pendukung ketahanan pangan

“Nah,itu dia manfaat saluran irigasi.Bukan hanya para petani saja yang merasakan fungsinya namun masyarakat luaspun ikut merasakan juga. Sebab nasi yang kita makan berasal dari padi yang ditanam para petani” tutup Walinagari.

Menurut Amril, Ketua LSM Penjara Sumbar, pengelolaan rehabilitasi irigasi diharapkan dapat dilakukan melalui Dana Alokasi Khusus yang merupakan perimbangan pembangunan antara pusat dan daerah. Saat ia bertemu Bupati Solok mengungkapkan dukungannya terhadap program yang tentunya secara langsung akan menggesa pembangunan yang diharapkan oleh Pemerintah Kabupaten Solok.

Kembali disampaikan Amril, saat ia mengunjungi lokasi pembangunan rehabilitasi/pemeliharaan jaringan irigasi bandar silanjai tersebut yang dikerjakan oleh CV. Empat Putra. Terlihat sangat memuaskan, begitu juga apresiasi masyarakat sekitar, khususnya para petani, mereka sangat berterima kasih kepada pemerintah Kabupaten Solok dengan kegiatan pembangunan irigasi ini. Harapannya, mudah-mudahan di tahun depan dapat makin ditingkatkan lagi. Tuturnya.

Dengan dibangunnya irigasi, maka pasokan air untuk lahan pertanian akan terpenuhi. Petani menjadi semakin mudah dalam mengolah lahan pertanian mereka dan tidak takut lagi kekurangan air. Selanjutnya, irigasi bermanfaat dalam mengairi lahan pertanian, apalagi pada musim kemarau tiba pasokan air tentu menjadi sulit dan air tanah akan mengering. Dengan adanya irigasi ini maka ketersediaan air pada musim kemarau akan terpenuhi. Selain itu, dengan irigasi ini aliran air kelahan persawahan akan lancar. Tidak ada lagi penghambat aliran air sehingga mempermudah petani untuk menggarap lahan persawahan mereka. Tutup Amril.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *