free stats

Melalui Dinas Pertanian, Pemko Padang Sosialisasi Cara Pemotongan Hewan Kurban

Padang, Andalaspos.com—Pemerintah Kota (Pemko) Padang melalui Dinas Pertanian menggelar sosialisasi cara pemotongan hewan kurban di tengah pandemi Covid-19 kepada pengurus masjid di Padang, Kamis (2/7/2020) di Ruang Serbaguna Bagindo Aziz Chan, Balai Kota Padang.

Sosialisasi ini langsung dibuka secara resmi oleh Wali Kota Padang Mahyeldi didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Endrizal serta Kepala Dinas Pertanian Kota Padang, Syahrial.

Foto 1. Wali Kota Padang bersama Jajaran Kepala Dinas (Hms)

Dalam sambutannya, Mahyeldi mengatakan bahwa sosialisasi dan Bimtek tersebut sangat penting dilakukan di tengah pandemi, mengingat agar masyarakat yang memotong hewan dapat senantiasa mematuhi protokol kesehatan dan hewan kurban terbebas dari virus.

“Biasanya saat pemotongan hewan kurban dikelilingi kerumunan orang, sebab itu dikhawatirkan terjadi penularan Covid-19. Maka dilakukan kegiatan ini karena untuk mencegah penularan dari manusia ke hewan kurban,” tegas Mahyeldi.

Senada dengan hal itu, Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Syahrial mengungkapkan sosialisasi ini untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat bagaimana cara pemotongan hewan secara syariah.

“Pemotongan hewan senantiasa tetap d harus bersih, sampai kepada hal pembungkusan dan penyalurannya kepada masyarakat juga harus tetap aman dan sehat, itu yang akan kita berikan langkah teknisnya,” paparnya.

Sosialisasi yang diinisiasi oleh Pemko Padang bersama dengan Dinas Pertanian Kota Padang ini turut menggandeng pihak MUI Kota Padang. Ini dilakukan agar masyarakat bisa menerapkan pemotongan hewan secara syariat Islam.

Dalam kegiatan sosialisasi kali ini, diikuti oleh 75 pengurus masjid di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Koto Tangah, Kecamatan Nanggalo dan Kecamatan Kuranji. Di samping itu juga dilakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) Kurban Asuh (Aman Sehat Utuh Halal). Dan, kegiatan ini bakal dilakukan secara bergilir ke kecamatan lainnya dan berpusat di kantor camat masing-masing kecamatan. (Hms/Rian)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *