free stats

Mengetahui Deretan Mesjid Paling Menggumkan Didunia

PADANG,AP – Pembangunan Masjid Saint Petersburg pada tahun 1910 lalu untuk menghormati Emir Bukhara dan menandai bergabungnya Asia Tengah dengan Rusia. Peristiwa ini terjadi di era Alexander III, Ketika kerajaan hormati kepentingan komunitas muslim yang saat itu berjumlah lebih dari 8 ribu orang.

Setelah proyek pembangunanya rampung pada tahun 1913, Masjid ini adalah tempat ibadah terbesar di Rusia. Masjid ini dapat menampung lima ribu umat. Dua menaranya menjulang 49 meter dan tinggi kubahnya 39 meter. Kubah Masjid Saint Petersburg hampir merupakan tiruan tepat dari Mausoleum Gur Emir di Samarkand [abad ke-15]. Tempat disimpannya abunya Timurleng, Sang Penakluk Asia Tengah.

  1. Masjid Kul Sharif

Masjid golsarif juga disebut gol Sharif, Kul Sharif, gol Sherif melalui bahasa Tatar dan Kul Sharif melalui bahasa Rusia adalah Masjid yang begitu indah di Kazan, Republik Tatarstan, Rusia. Masjid ini merupakan salah satu Masjid indah dunia yang fotonya bertebaran di dunia maya. Arsitekturnya yang begitu indah menjadikannya sebagai salah satu objek foto favorit. Masjid ini juga menyandang predikat sebagai salah satu Masjid terbesar di Rusia dan wilayah Eropa timur.

Nama Masjid ini merupakan penghormatan terhadap Imam Masjid terakhir dan pemimpin perlawanan rakyat Kazan” Seid Kul Sharif” yang gugur bersama para muridnya mempertahankan Kazan dari serbuan Tsar Rusia Ivan The Terrible.

  1. Masjid Sheikh Zayed

Masjid Agung Sheikh Zayed adalah Masjid yang berada di Abu Dhabi. ibu kota Kerajaan Uni Emirat Arab [UEA]. Masjid ini dinamai sesuai dengan tokoh besar dibalik ide pembangunannya, Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan, tokoh nasional Uni Emirat Arab sekaligus pendiri Negara Uni Emirat Arab.

Masjid dengan memiliki luas 22.412 meter persegi itu setara dengan lima lapangan sepakbola dan dapat menampung 40.960 jamaah sekaligus. Di ruang utama terdapat 96 pilar bundar berukuran besar yang semuanya dilapisi mother of pearl, serta fitur utama ekterior Masjid ini selain 82 kubahnya adalah empat bangunan menara setinggi hampir 107 meter di empat penjuru Masjid.

  1. Masjid Omar Ali  Saifuddin

Masjid ini dinamai berdasarkan Omar Ali Saifuddin III, Sultan Ke-28 Brunei Darussalam. Masjid yang mendominasi pemandangan Kota Bandar Seri Begawan, ibu kota Brunei ini melambangkan kemegahan dan kejayaan Islam yang menjadi agama mayoritas dan agama resmi Brunei Darussalam. Bangunan ini rampung pada tahun 1958 dan merupakan contoh Arsitektur Islam modern.

Arsitektur Masjid ini memadukan Arsitektur Mughal dengan gaya Italia. Masjid ini di bangun diatas laguna atau kolam buatan di tepi sungai Brunei di Kampong ayer,” kampung yang terletak di atas air.” Masjid ini memiliki menara marmer dengan kubah emas, dilengkapi taman yang permai dan air mancur. Taman indah yang mengelilingi Masjid melambangkan taman surgawi dalam kepercayaan Islam. Sebuah jembatan membentang di tengah laguna menuju Kampong Ayer di tengah sungai. Sebuah jembatan marmer lainnya menuju ke bangunan yang merupakan replika Perahu Mahligai Kerajaan milik Sultan Bolkiah yang memerintah pada abad Ke- 16.

  1. Hassan II Mosque, Casablanca, Maroko

Grande Mosquée Hassan II terletak di Casablanca, Maroko. Ini adalah masjid terbesar di negara ini dan terbesar ke-7 di dunia. Menaranya menjulang dan merupakan yang tertinggi di dunia, yakni 210 meter dalam 60 lantai. Pembangunannya selesai pada tahun 1993.

Di atas menara terdapat laser atau cahaya yang diarahkan ke Mekkah. Masjid ini berdiri di sebuah tanjung yang mengarah ke Samudra Atlantik dan berlantai kaca di aula gedungnya sehingga dasar laut bisa terlihat jernih. Sebanyak 105.000 jamaah bisa menampung atau berkumpul bersama untuk beribadah, yang dibagi menjadi 25.000 di dalam ruang masjid dan 80.000 lainnya di luar masjid. (**)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *