free stats

Mengetahui Sifat-sifat Suami Yang Sholeh

Padang,AP – Buat seorang wanita, salah satu harta yang paling berharga di dalam dirinya adalah mendapatkan seorang suami yang Shaleh. Seorang istri akan merasakan kebahagian di dalam hidupnya dan di akhirat kelak, keberuntunganlah yang akan di terima seorang istri, jika dia mempercayakan hidupnya, memberikan segala cinta, perhatian, dan kasih sayangnya kepada suami yang shaleh, karena dirinyalah, seorang istri akan mendapatkan apa yang di dambanya, ketenangan, keteduhan, kedamaian, perlindungan dan cinta serta sayang.

Sifat-sifat Suami Yang Sholeh

Seorang suami yang shaleh adalah suami yang mampu memperlakukan istri dan juga kepada anak-anaknya dengan sifat-sifat yang terpuji. Seorang suami yang shaleh akan selalu memperlakukan istrinya dengan sabar setiap kesalahan-kesalahan istrinya dan memperlakukan istrinya dengan kelembutan dan penuh maaf saat istri di pengaruhi dengan emosi dan kemarahan.

Suami yang shaleh adalah seorang yang bisa membahagiakan istri dan anak-anaknya serta keluarganya, baik di dunia ataupun di akhirat kelak. Seorang suami yang sholeh tidak akan memberi istri dan anak-anaknya kecuali dengan harta yg halal.

Seorang suami yang shaleh adalah suami yang mampu menjaga amanah yang di berikan kepadanya, dan istri adalah amanah bagi seorang laki-laki yang menjadi suaminya.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam menilai bahwa suami yang terbaik baik adalah yang paling baik pada istrinya.

“Orang Mukmin yang paling sempurna imannya ialah yang paling baik akhlaqnya, dan sebaik-baik kamu adalah yang paling baik kepada istrimu.” (HR. Tirmidzi no. 2537)

“…dan bergaullah dengan mereka secara baik…” (QS. An-Nisaa [4]:19)

“Sebaik-baik kalian adalah kalian yang terbaik terhadap isterinya. Dan aku adalah yang terbaik diantara kalian terhadap isteriku.” (HR. Ibnu Majah no. 1967).

“Hendaklah kamu (suami) memberi makan istri apabila engkau makan, dan engkau beri pakaian kepadanya bila engkau berpakaian, dan jangan engkau pukul mukanya, dan jangan engkau jelekkan dia, dan jangan engkau jauhi melainkan di dalam rumah.” (HR. Ahmad, Abu Daud, Nasa’i, dan yang lainnya).

Suami yg shaleh adalah suami yang mampu menjadi pemimpin di dalam rumah tangganya, seorang suami bagaikan pemerintah di dalam rumah tangganya,seorang suami yg sholeh adalah yg mampu memperhatikan hak dan kepentingan rakyatnya di dlm pemerintahan yang di pimpinnya, dalam hal ini adalah istrinya. Memberi bimbingan pada keluarga, suami mempunyai status sebagai pemimpin dalam keluarga, karenanya ia berkewajiban memberi nafkah lahir, batin, dan memberi bimbingan agama kepada istri dan anaknya.

“Dan kewajiban ayah (suami) memberi makan dan pakaian kepada para ibu (isteri) dengan cara yang baik.” (QS. Al-Baqarah [2]: 233)

“Tempatkanlah mereka (para istri) di mana kamu bertempat tinggal menurut kemampuanmu dan janganlah kamu menyusahkan mereka untuk menyempitkan (hati) mereka.” (QS. Ath-Thalaaq [65]: 6)

“Kaum laki-laki (suami) itu adalah pemimpin bagi kaum wanita (istri), oleh karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (suami) atas sebagian yang lain (istri), dan karena mereka (suami) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka.” (QS. An-Nisaa 4: 34)

“Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya.” (QS. Thahaa [20]: 132).

“Apabila seorang muslim memberikan nafkah kepada keluarganya dengan mengharap keridloan Allah maka baginya Shedaqah.” (HR. Bukhari no. 4932).




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *