free stats

Miliki Keunikan Tersendiri “Candi Sambisari”

PADANG AP – Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarata dikenal sebagai salah provinsi di Indonesia yang memiliki nilai sejarah dan budaya yang sangat kaya,  sehingga menjadikan kota ini sebagai tempat berliburnya para turis dari mancanegara. Salah satu kekayaan budaya yang dimilikinya adalah dalam hal bangunan berbentuk candi. oleh sebab itu Yogyakarta memiliki begitu banyak peninggalan sejarah, salah satunya adalah Candi Sambisari.

Candi Sambisari berada di sekitar 12 km ke timur Kota Jogja atau sekitar 4 km sebelum tiba di Candi Prambanan. Candi ini merupakan salah satu candi yang berada di sekitar 6,5 meter di bawah tanah. Selain candi utama, para wisatawan juga dapat melihat 3 candi pendamping dan di bagian luar candi terdapat tembok dengan keliling 50 m x 48 m. Jika dilihat candi ini memiliki keunikan tersendiri karena lokasinya yang berada di dalam tanah.

Selain itu, para wisatawan bisa bebas masuk menyusuri setiap detail keunikan candi ini, dimana awalnya candi ini terkubur di dalam tanah. Candi Sambisari di bangun antara tahun 812 – 838 Masehi. Jika wisatawan berkunjung ketempat ini belum merasa puas melihat – lihat bentuk sekeliling candi ini. Maka wisatawan bisa mendatangi ruang informasi yang berada tidak jauh dari lokasi Candi Sambisari. Di dalam ruang informasi tersebut, para wisatawan dapat melihat-lihat banyak foto terkait proses penggalian rekonstruksi dan penggalian peninggalan candi berupa arca dan perunggu yang kini berada di dalam Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala yang terjaga dan terawat dengan baik. (**)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *