free stats

Pembangunan Saluran Drainase Lubuk Buaya Pekerjaan Bagus, Masyarakat Puji PT Astam Prima Karya

Padang, AP – Pemerintah kota Padang terus memajukan pembangunan disegala bidang. Salah satunya kegiatan Pembangunan Saluran Drainase (gorong-gorong) yang berlokasi di belakang pasar Lubuk Buaya, dengan maksud agar nantinya daerah ini tidak lagi mengalami kebanjiran ketika musim hujan. Untuk realisasi pembangunan tersebut pemerintah mengupayakannya bersama masyarakat. Dimana pembiayaan pembangunannya bersumber dari APBD 2016

Kontraktor pelaksana melalui Jejeng, saat wawancara eksklusif dengan media ini mengungkapkan, kegiatan pembangunan saluran Drainase (gorong-gorong) Lubuk Buaya ini akan menjadikan lokasi terlihat semakin tertata.

Kita bersama tentu memahami bahwa drainase berfungsi sebagai pengendali limpasan air, baik di permukaan jalan maupun daerah sekitarnya agar tidak merusak pemukiman warga dan konstruksi jalan. Selain itu, fungsi utamanya adalah membawa air dari permukaan ke pembuangan air, menampung air tanah (dari subdrain) dan air permukaan yang melimpas menuju jalan serta membawa air menyeberang jalan melalui gorong-gorong dan bangunan lainnya secara terkendali. Tutur Jejeng.

Terpisah, warga setempat Ujang Pirang, mengatakan pembangunan drainase ini sangat membantu masyarakat sekitar karena dapat terhindar dari banjir yang acap kali dialami. Selanjutnya, ekonomi warga tentu juga akan terbantu dengan adanya pembangunan ini, karena kedepannya diharapkan pemukiman masyarakat tidak lagi dilanda banjir.

Selain itu, tambahnya, keadaan proyek yang segera dinikmati masyarakat akan meningkatkan kualitas pemukiman warga dan Pasar Lubuk Buaya, paparnya.

“Kita sangat berterima kasih dengan kontraktor pelaksana PT Astam Prima Karya yang bekerja dengan baik, sehingga mutu dan kualitasnya dapat memuaskan harapan masyarakat”, tutur ujang.

Kini, berkat dukungan berbagai pihak, proyek tersebut terlaksana dengan lancar dan pembangunannya pun sesuai yang diharapkan masyarakat. Tutup Ujang.

Herman H, Kabid PSDA, PU Kota Padang, disela kesibukannya menjelaskan, Gorong-gorong adalah bangunan yang dipakai untuk membawa aliran air, baik untuk saluran irigasi atau pembuang yang melewati bawah jalan. Gorong-gorong mempunyai potongan melintang yang lebih kecil daripada luas basah saluran hulu maupun hilir. Dalam hal ini gorong-gorong berfungsi sebagai saluran terbuka dengan aliran bebas.

Dicontohkannya, pada gorong-gorong aliran bebas, benda-benda yang hanyut dapat lewat dengan mudah, tetapi biaya pembuatan umumnya lebih mahal dibanding gorong-gorong tenggelam. Dalam hal gorong-gorong tenggelam, seluruh potongan melintang berada dibawah permukaan air. Biaya pelaksanaan lebih murah, tetapi bahaya tersumbat lebih besar.

Gorong-gorong segi empat dibuat dari beton bertulang atau dari pasangan batu dengan pelat beton bertulang sebagai penutup. Gorong-gorong dari pasangan batu dengan pelat beton bertulang sangat kuat dan pembuatannya akan lebih mudah. Khususnya untuk tempat-tempat terpencil. Terang Herman. (**)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *