free stats

Personil BPBD-PK Agar Siap Siaga 24 Jam

PADANG, AP – Kota Padang merupakan etalasenya dari seluruh bencan seperti gempa, banjir, longsor bahkan kebakaran. Mengantisipasi semua itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran(BPBD-PK) Kota Padang terus meningkatkan potensi dan kemampuan seluruh personilnya dalam pengurangan dan penanggulangan resiko bencana tersebut. Karena bencana tidak seorangpun yang tahu kapan dan dimana akan terjadi.

“Untuk itu diharapkan seluruh personil dari BPBD dan Pemadam Kebakaran siap siaga selama 24 jam,” harap Plt. Sekretaris Daerah Kota Padang Vidal Triza usai menjadi memimpin apel pagi bulanan di lingkungan BPBD-PK Kota Padang di halaman kantor setempat, Senin (3/10).

Agar lebih maksimalnya potensi dari seluruh personil BPBD-PK tersebut, Vidal Triza meminta seluruh personil harus dibekali dengan fisik dan mental, sehingga anggota tersebut siap terjun jika terjadi bencana selama 24 jam. “Tentu personilnya harus dibekali dengan berbagai kemampuan, fisik mental, sehingga siap selama 24 jam ketika terjadi bencana serta dapat mengantisipasi dan meminimalisir bencana dimaksud,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran Kota Padang Rudy Rinaldi mengatakan, hingga saat ini untuk sarana pendukung ketika terjadi musibah kebakaran, pihaknya telah memiliki 11 mobil armada, namun pihaknya belum memiliki mobil tangga yang dapat mencapai gedung betingkat 5.

“Ini memang cukup mahal harganya, namun kita berharap tahun depan mobil tangga tersebut dapat terealisasikan, “ ujar Rudy Rinaldi didampingi sejumlah Kabid di instansi tersebut serta Humas BPBD-PK Amrizal Rengganis.

Lebih lanjut Rudy Rinaldi menjelaskan dalam pemantapan dari kemampuan seluruh personil, selama tidak terjadi bencana terus dilakukan, baik keterampilan, memadamkan api, evakuasi korban, pemasangan tenda, logistic dan lainnya yang berhubungan erat dengan kebencanaan.

Pada upacara bulanan yang digelar pagi tadi tersebut, juga diserahkan hadiah dari para pemenang lomba yang digelar antar lingkungan BPBD dan Damkar Kota Padang yakni, pemenang lomba pemasangan tenda tercepat, lomba pengucapan teks pembukaan UDD 1945 dan hadiah bagi personil yang berulang tahun pada bulan Agustus dan September 2016.(Charlie)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *