free stats

Polres Tanah Datar Amankan TdS 2017 Dengan Exstra

Padang AP-Polres Tanah Datar menerjunkan 316 personil untuk pengamanan TdS 2017. Dalam pengamanan Polres akan bekerjasama dengan Polda dan Brimob. Pasalnya grand star TdS 2017 berlokasi di depan Istano Basa Pagaruyung kabupaten Tanah Datar. Dengan demikian dilakukan pengamanan ekstra untuk kelancaran acara tersebut.
Hal tersebut dikatakan Kapolres Tanah Datar AKBP Bayuaji Yudha Prajas Rabu (15/11) pada apel gelar pasukan pengaman TdS di halaman Istano Basa Pagaruyung yang dihadiri Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma, Forkopimda, Pimpinan OPD dan Ratusan personil dari TNI, Polri, Satpol PP, Damkar, Dishub dan tenaga kesehatan.

Lebih lanjut AKBP Bayuaji Yudha Prajas mengatakan 316 orang personil tersebut akan disebar pada titik-titik rawan seperti titik kerumunan masa dan persimpangan. Kegiatan TdS merupakan iven lima terbesar dunia dan animo masyarakat untuk menyaksikannya cukup besar, bahkan kerumuman masa selalu memadati rute-rute yang dilewati peserta dari dalam dan luar negeri tersebut.
“Pengamanan ektra bahkan harus melakukan sterilisasi lokasi sebelum pelaksanaan TdS. Melakukan sterilisasi pada beberapa titik tersebut sangat penting, agar peserta tidak terganggu oleh aktifitas penonton yang ingin menyaksikan dan mengabadikan pelaksanaan TdS”, ulas Kapolres Bayuaji.Untuk para penonton Kapolres Bayuaji menghimbau, agar menonton pada lokasi-lokasi yang sudah ditentukan petugas, dan jangan berada pada terlalu dekat dengan ruas jalan yang dilewati para pembalap sebab hal tersebut dapat membahayakan diri sendiri dan pembalap.

Sementara Wabup Zuldafri Darma juga sampaikan untuk pengamanan TdS pemkab melibatkan personil POL PP, Damkar, Dishub dan Tenaga kesehatan beserta 10 kendaraan ambulan.Selanjutnya wabup sampaikan pada saat TdS berlangsung jalan akan ditutup sementara untuk itu kepada masyarakat yang tetap melanjutkan perjalanan, dapat mengunakan ruas jalan artenatif dan petugas keamanan akan membantunya menunjukan ruas-ruas artenatif tersebut, ulas Wabup.

Kepala Dinas Parpora Tanah Datar Edi Susanto juga tambahkan kami pihak panitia seminggu jelang grand start sudah melakukan berbagai persiapan, baik persiapan sarana maupun prasana. Khusus untuk ruas-ruas yang dilalui peserta menjadi perhatian tersendiri agar tidak ada yang menganggu pelaksanaan. Portal-portal yang sengaja dibangun warga untuk memperlambat laju kenderaan sudah dicopot, begitu juga lubang-lubang yang ada pada ruas-ruas jalan lansung ditangani OPD terkait.

Dalam pelaksanaan TdS kali ini, juga digelar gowes bagi masyarakat dan perantau dan pada Sabtu 18/11 juga ada ivent pacu jawi, sehingga perantau yang kebetulan yang berkesempatan pulang kampung dapat menikmati berbagai ivent yang dilaksanakan berbarengan dengan TdS Untuk rute yang melewati kabupaten Tanah Datar Edi Susanto katakan yaitu 3 etape sebagai berikut etape 1 dari Tanah Datar menuju Kota Padang dengan panjang 107 km, etape 4 dari Solok Danau Singkarak menuju Payakumbuh dengan panjang 135 km dan etape 7 dari 50 Kota menuju Padang Panjang dengan panjang 101 km.(hms/w/dtk)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *