free stats

Tiga Anggota TNI Gugur Ditembak di Papua

Andalas-Time.com– Tiga prajurit TNI ditembak hingga tewas di duga, Papua, saat sedang melaksanakan operasi. Ketiga jenazah tersebut sudah dibawa ke RSUD Timika.

“Memang disampaikan bahwa ada tiga orang prajurit yang gugur,” kata Kapendam Cendrawasih Kol M Aidi kepada detikcom, Kamis (7/3).

Diduga kejadian itu berlangsung Kamis siang kemarin. Pelaku penembakan juga belum diketahui. “Bagaimana dan di mana kejadiannya belum ada data jelasnya,” tuturnya seraya menyebutkan ketiga anggota TNI tersebut ditembak saat menjalani operasi di Distrik Yigi.

Lebih jauh Kapendam Cendrawasih, Kolonel M Aidi, mengatakan, ketiga anggota TNI yang gugur itu adalah: Serda Siswanto Bayu Aji (24), Serda Yusdin (23) dan Serda Mirwariyadin (25)
Ketiga korban dievakuasi ke Timika menggunakan helikopter Penerbad 412-HA5177. Sekitar pukul 15.20 WIT, ketiga jenazah itu tiba di Hanggar Heli Penerbad di Timika.

“Memang ada informasi bahwa ada kontak, tapi kami belum bisa menghubungi pos di Yigi, karena komunikasi hanya bisa lewat radio,” kata M Aidi.

Hingga berita ini diturunkan, ketiga Jenazah itu disemayamkan di ruang jenazah RSUD Timika setelah kegiatan visum dilakukan. Rencana Proses evakuasi pengiriman jenazah masih menunggu dari kesatuannya.

Ditembak KKSB
Menurut Kapendam Cenderawasih Kolonel M Aidi,pasukan TNI Satgas Gakkum berkekuatan 25 orang tersebut baru tiba di Distrik Mugi dalam rangka mengamankan jalur pergeseran pasukan. Tiba-tiba mendapatkan serangan mendadak oleh sekitar 50-70 orang Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB). Mereka bersenjata campuran, baik senjata standar militer maupun senjata tradisional seperti panah dan tombak.

“Pasukan berusaha melakukan perlawanan sehingga berhasil menguasai keadaan, dan berhasil memukul mundur kelompok KKSB sampai menghilang kedalam hutan belantara,” tutur Aidi.

“Akibat serangan tersebut menyebabkan 3 orang prajurit gugur sebagai kusuma Bangsa atas nama Serda Mirwariyadin, Serda Yusdin dan Serda Siswanto Bayu Aji,” sambungnya.

Ketiga anggota TNI yang gugur merupakan Pasukan yang tergabung dalam Satgas Penegakan Hukum (Satgas Gakkum), yang sedang melaksanakan pengamanan dalam rangka proses pergeseran pasukan TNI yang akan melaksanakan pengamanan dan pembangunan infrastruktur Trans Papua Wamena- Mumugu. Mereka mendapatkan serangan dari pihak KKSB pimpinan Egianus Kogoya di Distrik Mugi sekitar pukul 08.00 WIT, Kamis pagi.

Ketiga jenazah direncanakan akan diterbangkan ke kampung halamnya besok Jumat (8/3) ini. Serda Mirwariyadin direncanakan akan diterbangkan ke NTB, Serda Yusdin akan di terbangkan ke Makassar (Palopo Sulsel) dan Serda Siswanto Bayu Aji akan diterbangkan ke Grobogan, Jawa Tengah. (Detik.com)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *