free stats

Wako Hendri Septa Siap Bersinergi dengan Kemenparekraf Majukan Ekonomi Kreatif di Padang

Wako Hendri Septa Siap Bersinergi dengan Kemenparekraf Majukan Ekonomi Kreatif di Padang

Padang – Wali Kota Padang Hendri Septa bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meninjau kegiatan pameran UMKM di Transmart Padang, Rabu malam (6/7/2022).

Kehadiran Sang Menteri dan Wali Kota Padang malam itu jelas menjadi motivasi bagi para pelaku usaha muda yang mengikuti kegiatan yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) itu.

Beragam usaha kreatif di Kota Padang dan Sumatera Barat pun ikut mengambil bagian untuk menampilkan produknya di stand masing-masing. Ada 27 Pelaku UMKM di Sumatera Barat yang ikut dalam pameran ini.

‘Mas Menteri’ bersama Wali Kota Padang meninjau satu per satu stand tersebut. Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan Bincang Apresiasi bersama 27 pelaku usaha kreatif tersebut.

Menparekraf Sandiaga menjelaskan, Apresia Kreasi Indonesia (AKI) merupakan suatu wadah untuk mendorong pengembangan ekonomi kreatif melalui peningkatan kapasitas dan pameran. AKI diselenggarakan untuk mendorong pelaku ekonomi kreatif di bidang subsektor kriya, fashion, film, dan musik.

“Kami mengadakan AKI ini untuk mendorong para pelaku usaha di Sumatera Barat agar lebih tranformasi digital. AKI adalah rumahnya bagi para pelaku UMKM. Pada tahun ini AKI diadakan di 16 kota di Indonesia, salah satunya adalah Kota Padang,” ujar Menteri.

Dalam kesempatan itu, Menparekraf mengajak para kepala daerah untuk mensupport pengembangan UMKM di daerah masing-masing, agar lebih cepat berkembang dan maju, sehingga dapat membangkitkan ekonomi masyarakat pascapandemi Covid-19.

“Penguatan ekonomi kreatif sangat penting untuk pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19, oleh karena itu kita sangat butuh dukungan dari kepala daerah. Dimana kita menargetkan untuk menciptakan 1,1 juta lapangan kerja baru di tahun 2022 dan 4,4 juta di tahun 2024,” pungkas Mentri.

Sementara itu, Wali Kota Padang Hendri Septa mengatakan, atas nama Pemerintah Kota Padang mengucapkan terima kasih atas kunjungan Menparekraf ke Kota Padang.

Hendri Septa mengatakan, saat ini Pemerintah Kota Padang tengah membangun Gedung Youth Center sebagai wadah untuk pengembangan ekonomi kreatif di Kota Padang. Pembangunan gedung ini ditargetkan selesai awal Agustus mendatang.

“Untuk itu kami dari Pemerintah Kota Padang membutuhkan dukungan dan kolaborasi dari Kemenparekraf agar gedung Youth Center ini dapat digunakan nantinya dengan maksimal untuk pengembangan ekonomi kreatif di Kota Padang,” pungkas wako.

Sebelum meninjau stand UMKM di Transmart Padang, Menteri Sandi juga singgah ke kediaman resmi Wali Kota Padang untuk santap malam dan berdiskusi ringan terkait perkembangan wisata dan ekonomi kreatif di Kota Padang. (Hms)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *