free stats

Kadis Kesehatan Ferimulyani”Komunikasi Kunci Kesuksesan Promkes”

Padang AP– Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Ferimulyani mengatakan, kunci kesuksesan Promosi Kesehatan (Promkes) terletak pada komunikasi yang dibangun petugas kesehatan dalam menciptakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bagi masyarakat.

“Aspek komunikasi merupakan hal yang paling penting untuk diperhatikan dalam Promkes, karena sasaran Promkes adalah mengubah perilaku masyarakat,” ujar Ferimulyani saat Sosialisasi Promkes Teknik Komunikasi Efektif di Aula Dinas Kesehatan Kota Padang, Selasa (10/4/2018)

Dijelaskannya, kemampuan komunikasi petugas kesehatan bukan saja terletak pada penguasaan materi-materi Promkes yang akan disampaikan, akan tetapi, sikap, perilaku, dan cara berkomunikasi juga harus diperhatikan.

Selain itu, penggunaan bahasa dalam berkomunikasi juga harus dipilih dan dipilah agar mudah dipahami. Karena, kondisi dan kemampuan masyarakat penerima informasi berbeda-beda.
“Teknik komunikasi efektif Promkes tersebut bisa digunakan pada Promkes melalui pendekatan individu, pendekatan kelompok, pendekatan organisasi masyarakat. Serta Promkes pada pergerakan dan pengorganisasian masyarakat melalui kunjungan rumah, pemberdayaan berjenjang, Survei Mawas Diri dan Musyawarah Masyarakat Desa,” terang Ferimulyani.

Ditambahkannya, untuk menciptakan komunikasi efektif di tempat pelayanan seperti Puskesmas dan Rumah Sakit, Promkes juga harus menyediakan pusat informasi, media komunikasi, seperti; papan pengumuman, banner, flashcard, poster, spanduk, brosur, yang berisikan tentang informasi alur pelayanan, jenis pelayanan, denah lokasi, informasi masalah kesehatan yang menjadi isu terkini, peraturan kesehatan, seperti dilarang merokok, dilarang meludah, membuang sampah pada tempatnya, informasi kesehatan dan penyakit dan hal lainnya tentang kesehatan.

“Membangun komunikasi yang efektif dengan sepenuh hati saat melayani pasien dan keluarga pasien dengan memberikan informasi yang lengkap merupakan kunci kesuksesan Promkes,” kata Ferimulyani kepada peserta sosialisasi yang berasal dari petugas kesehatan dari seluruh Puskesmas dan perwakilan kecamatan se-Kota Padang. (ll)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *