BumNag Rangkiang Ameh Kabupaten Solok Ikuti Lomba BumNag Berprestasi Tingkat Provinsi

Kab.Solok,Andalaspos – Ketua Tim Penilai Lomba BUMNag Mahdianur, SE, MM beserta rombongan Jum’at / 07 Juni 2024 mengunjungi Nagari Peninggalan Kecamatan Junjung Sirih dalam rangka penilaian terhadap BUMN Rangkiang Ameh Paninggahan mengikuti Lomba Bumnag Berprestasi Tingkat Provinsi Sumbar di Kantor Walinagari PaninggahanKunjungan tersebut juga dihadiri Bupati Solok diwakili Kepada DPMN Romi Hendrawan, S. Sos, M. Si , Ketua TP PKK Kabupaten Solok diwakili Pokja IV Wilma Montezi, Camat Junjung Sirih Neni Amelia S.STP , Forkopimcam, Walinagari Paninggahan Jasman , Direktur BUMNag Rangkiang Ameh Paninggahan Joen Adila , Ketua KAN, Ketua BPN Nagari Paninggahan dan Tamu Undangan Lainnya.

Walinagari Paninggahan Jasman dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Solok kerena telah memilih BUMNag Rangkiang Ameh Paninggahan untuk mengikuti lomba BUMNag Berprestasi Tingkat Provinsi Sumbar.

Dan dapat kami laporkan bahwa mulai dari tahun 2018 Pemerintah Nagari telah ikut menganggarkan penyertaan modal untuk BUMNag Rangkiang Ameh Paninggahan ini.Juga pada tahun 2021 – 2023 Pendapatan Asli Nagari melalui BUMNag hampir mencapai Rp 100 juta.

Dengan adanya BUMNag ini, banyak program pemerintah yang bisa dibantu di nagari. Untuk itu kami berharap dukungan dari bapak ibu semua mudah mudahan BUMNag kita mendapat juara di tingkat provinsi tahun ini, ujar Jasman.Bupati Solok diwakili oleh Kepada DPMN Romi Hendrawan, S. Sos, M. Si , dalam sambutannya mengucapkan Terima Kasih kepada Seluruh OPD terkait se- Kabupaten Solok, Camat Junjung Sirih, Wali Nagari Paninggahan, Pengurus BUMNag dan seluruh pihak yang ikut berperan aktif dalam membantu dalam pembinaan BUMNag di Kabupaten Solok khususnya, serta membantu mensinergikan program-program pemerintah demi kesejahteraan rakyat pada umumnya.

Acara Penilaian Lapangan BUMDes/BUMNag Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat ini merupakan kelanjutan dari rangkaian seleksi administratif oleh DPMD Provinsi Sumatera Barat.

Dijelaskan Romi Hendrawan, adapun tujuan penilaian lapangan ini adalah untuk melihat kesamaan/sinkronisasi laporan yang disampaikan oleh BUMNag Rangkiang Ameh Nagari Paninggahan Kecamatan Junjung Sirih Kabupaten Solok.

Kegiatan ini bukanlah semata-mata untuk melakukan penilaian saja, tetapi juga sebagai upaya pembinaan kita dari Pemerintahan secara bersama- sama. Oleh sebab itu, kami berharap apabila ditemui indikator yang kurang lengkap, mohon kiranya diberitahukan agar kami segera melengkapi, sehingga tidak akan mengurangi penilaian dari tim penilai.

Melalui penilaian ini Romi Hendrawan,
juga berharap kedepannya Kabupaten Solok akan dapat lebih meningkatkan prestasi, baik di tingkat Provinsi maupun di tingkat Nasional, serta yang lebih penting dapat meningkatkan sinergitas dan kerjasama antara pemerintah dan masyarakat demi pembangunan yang berkelanjutan, untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera.

Ketua Tim Penilai Mahdianur, SE, MM dalam sambutannya mengucapkanSelamat kepada BUMNag Rangkiang Ameh Paninggahan karena telah bisa mewakili Kabupaten Solok.

Dijelaskan pada kesempatan kali ini, Tim Penilai lomba BUMNag berasal dari berbagai instansi seperti DPMD Sumbar, Dinas Perindag Sumbar, Bank Nagari, hingga Konsultan Pemberdayaan Masyarakat
Tujuan utama pendirian BUMNag adalah untuk meningkatkan pendapatan masyarakat, mengoptimalkan usaha desa, mengembangkan kerjasama antar desa atau pihak ketiga dan lain sebagainya.

Lomba BUMNag ini bertujuan untuk mewujudkan nagari yang kuat dan tangguh serta mandiri dalam ekonomi, politik, sosial, budaya, melalui penguatan BUMNag, serta memberikan binaan, motivasi dan reward kepada pengurus BUMNag di Sumatera Barat ini.

Indikator penilaian adalah dokumen BUMNag itu sendiri, kelembagaan, struktur organisasi, unit usaha, administrasi pelaporan dan pertanggungjawaban, pernyataan modal dan asset, dampak terhadap masyarakat dan mitra dari BUMNag , pungkasnya.Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan Ekspos oleh Direktur BUMNag Joen Adila Bumnag Rangkiang Ameh Paninggahan Terpilih Mengikuti Lomba Bumnag Berprestasi Tingkat Provinsi Sumbar.(adm)