Gubernur Sumbar Resmi Lantik Ekos Albar Sebagai Wakil Walikota Padang

Andalaspos,Padang–Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah akui bukan hal yang mudah memilih dan menunjuk sosok pengisi jabatan Wakil Walikota Padang kosong semenjak 2 tahun lalu. Ia mengatakan hal tersebut karena sesuai dengan ketentuan perundang-undangan, pengusulan Wakil Walikota harus dilakukan oleh Partai pengusung yang sama dengan saat pencalonannya dulu.

Kemudian usulan tersebut diteruskan oleh Walikota kepada DPRD untuk seterusnya dipilih.

“Alhamdulillah, semua proses ini telah dilalui dan hari ini kita dapat melantik Ekos Albar selaku Wakil Walikota Padang yang baru, Periode 2019-2024,” kata Mahyeldi usai melantik Wakil Wali Kota Padang Ekos Albar di Auditorium Gubernur Sumbar, Selasa (9/5/2023).

Gubernur Mahyeldi mengatakan periodesasi kepemimpinan Daerah saat ini, berbeda dengan periodesasi kepemimpinan Kepala Daerah sebelumnya atau periodesasi setelah ini karena periodesasi jabatan kepala daerah saat ini lebih singkat.

Sebagai contoh, Akhir Masa Jabatan Walikota dan Walikota Padang idealnya berakhir pada 13 Mei 2024 nanti, namun karena ketentuan UU Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU Nomor 1 Tahun 2014 tentang pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota menjadi UU beserta turunannya mengatur kondisi khusus dalam rangka pemilu dan pemilukada serentak di Indonesia, maka periodesasi Walikota dan Wakil Walikota Padang akan berakhir pada 31 Desember 2023 mendatang.

“Demikian pula dengan KDH yang dilantik di periodesasi yang sama dengan kami, akan berakhir pada 31 Desember 2023 nanti, artinya tidak genap 5 tahun sebagaimana mestinya, namun ini telah diatur dalam undang-undang dan harus dilaksanakan,” terang Mahyeldi.

Atas kondisi tersebut, ia mengingatkan kepada semua pihak, Khususnya kepada Ekos Albar. Tidak banyak waktu yang dimiliki, sehingga Saudara mesti mampu bersinergi dan melakukan penyesuaian-penyesuaian secara cepat.

“Untuk melakukan koordinasi dengan berbagai pihak, terutama dengan Walikota, Sekretaris Daerah beserta jajaran. Diharapkan upaya akselerasi pencapaian target- target Kota Padang yang tengah dipacu bisa lebih maksimal lagi dengan hadirnya Walikota yang baru ini,” harapnya.

Begitupun sebaliknya, Mahyeldi yakin bahwa Walikota Padang saat ini bisa berbagi dan menggandeng Wakil Walikota yang baru ini guna bersama-sama mempercepat pembangunan Kota Padang yang kita cintai dan banggakan ini.

“Kami di Provinsi selalu siap untuk mensupport Kota Padang. Memajukan Kota Padang merupakan bahagian dari upaya memajukan Sumatera Barat secara keseluruhan,” tuturnya.

Diakhir sambutan, Gubernur Mahyeldi mengucapkan selamat kepada Ekos Albar, atas amanah sebagai Wakil Walikota Padang. Semoga bisa menjalankan amanah besar ini dengan baik dan menjadi rahmat bagi seluruh masyarakat Kota Padang secara khususnya.

Turut hadir pada pelantikan itu, Wakil Gubernur Sumbar, Ketua DPRD, beserta jajaran Forkompinda Provinsi Sumbar, Walikota Padang, Ketua DPRD dan Unsur Forkompinda Kota Padang, Bupati/Walikota, atau yang mewakili, Sekretaris Daerah, Kepala OPD, Pimpinan Instansi Vertikal, BUMN/BUMD baik dari Tingkat Provinsi ataupun Kota Padang, Unsur Pimpinan Partai pengusung Pasangan Walikota dan Wakil Walikota Padang beserta Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan, Tokoh Masyarakat, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Bundo Kanduang. (adpsb)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *