Presiden dan Gubernur Mahyeldi Potong Sapi Kurbannya di Masjid Raya Sumbar

Andalaspos,Sumbar – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah menyerahkan sapi kurban bantuan dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo kepada pengurus Masjid Raya Sumbar.

“Sapi kurban seberat 1 ton 80 kg ini adalah bantuan dari Presiden Joko Widodo. Nantinya, akan disembelih dan dibagikan dagingnya oleh Pengurus Masjid Raya Sumbar kepada masyarakat sekitar,”ungkap Gubernur Mahyeldi di Padang, Kamis (29/6/2023).

Gubernur Mahyeldi menjelaskan, sapi yang terpilih sebagai hewan kurban Presiden di Sumbar ini, berjenis limousin yang dibeli dari peternak lokal asal Padang Panjang, seharga Rp100 juta rupiah.

“Sapi jantan jenis limousin ini, berusia sekitar empat tahun tiga bulan dengan total berat 1 ton 80 kg,”ujar Mahyeldi.

Selanjutnya, atas nama pemerintah dan masyarakat Sumbar, Gubernur Mahyeldi mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden RI yang telah berpartisipasi menyumbangkan 1 ekor sapi untuk dikurbankan di Sumbar.

“Kita apresiasi perhatian dari Bapak Presiden yang setiap tahun selalu berkurban di Sumbar,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Harian Pengurus Masjid Raya Sumbar Sobhan Lubis melaporkan pelaksanaan kurban tahun ini di Masjid Raya Sumbar ada 4 ekor (3 ekor sapi dan 1 ekor kambing). Untuk distribusinya, panitia telah menyiapkan sebanyak 800 kupon untuk masyarakat sekitar.

Adapun rincian asal perolehan dari 4 ekor hewan kurban tersebut antara lain, untuk sapi 1 ekor dari Presiden, 1 ekor dari Gubernur dan 1 ekor Bank Nagari, kemudian juga ada 1 ekor kambing dari jamaah asal Surabaya.

“Total hewan kurban di Masjid Raya Sumbar ada 4, nantinya akan dibagikan panitia kepada 800 Kepala Keluarga disekitar Masjid,” jelas Sobhan Lubis.

Atas nama Pengurus Masjid Raya Sumbar, ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam kurban tahun ini.

Sobhan Lubis mendoakan, semoga semua pihak yang telah berpartisipasi mendapat keberkahan dari Allah SWT.

“Jazakallahu Khoiron. Allahumma barik lahum fima Rozaq tahum waghfirlahum warhamhum,”tutur Sobhan.

Terakhir, ia berharap pada momentum Idul Adha mendatang jumlah hewan kurban di Masjid Raya Sumbar dapat meningkat, tidak hanya dari Presiden dan Pemprov Sumbar tetapi juga dari jamaah yang lainnya. (adpsb)