Rebut Pangkalan Udara, Skuadron Udara 600 Turunkan Pasukan Khusus Dengan Taktik Air Landed

Andalaspos,Sidoarjo – Pangkalan Udara Juanda jatuh ditangan musuh, sebagai aset penting yang dimiliki TNI Angkatan Laut sebagai Pangkalan Udara Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut, perlu segera direbut dan dikuasai kembali. NC-212-200 dari Skuadron Udara 600 jajaran Wing Udara 2 bersama dengan Komando Pasukan Katak (Kopaska) sebagai Pasukan Khusus trimedia, segera melaksanakan operasi khusus insertion ke Pangkalan Udara Juanda.

Pesawat Udara (Pesud) NC-212 yang dioperasikan oleh Lettu Laut (P) Rana dan Lettu Laut (P) Fitrian melaksanakan taktik Air Landed, dimana pesawat akan mendarat dan membuka ramp door untuk menurunkan Kopaska di runway dan segera pergi meninggalkan pangkalan tersebut. Selain itu, Operasi ini dapat memberikan efek kejut pada musuh karena efek pendadakan dengan kedatangan pasukan secara cepat dan tiba-tiba.

Taktik ini memerlukan kolaborasi dan kerjasama yang baik guna melaksanakan operasi air landed tersebut serta dibutuhkan perhitungan yang tepat dan terkoordinasi antara pilot, crew serta pasukan sehingga dapat dilaksanakan dengan baik, aman dan tercapainya keselamatan terbang dan kerja.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *