TMMD Ke 118 di Nagari Tanjung Alai Singkarak, Resmi Ditutup

Andalaspos,Kabupten Solok– Setelah berlangsung selama satu bulan, kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-118 yang dipusatkan di Nagari Tanjung Alai Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, pada Kamis (19/10/2023) resmi ditutup oleh Komandan Korem 032/Wirabraja, Brigjen TNI Rayen Obersyl.

Personil TNI sukses menyelesaikan sasaran program TMMD kali ini diantaranya berupa pembukaan Jalan Usaha Tani (JUT) serta pengerasan agreraf klas C sepanjang 1.100 meter lebar 6 meter yang menghubungkan jalan Tanah Kuning Palak Pinang Via Kapalo Tarok dan renovasi Rumah Tak Layak Huni warga serta pembangunan non fisik lainnya.

Danrem 032/Wirabraja, Brigjen TNI Rayen Obersyl menuturkan bahwa, “TMMD merupakan program lintas sektoral untuk membantu mempercepat pembangunan di daerah terutama didaerah pinggiran yang masih minim infrastruktur dan sulit dijangkau.”

“Oleh karena itu, saya mengajak Pemerintah Daerah beserta seluruh komponen masyarakat untuk terus bekerjasama dan bergotong-royong membangun daerah, guna mengatasi berbagai masalah dan tantangan yang dihadapi demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat secara merata,” ajaknya.

Dengan kehadiran prajurit TNI di tengah-tengah masyarakat selama melaksanakan program TMMD dapat memberikan energi positif untuk lebih bersemangat membangun Nagari dengan “Karya Basamo Untuk Nagari” demi meraih kesejahteraan hakiki dalam berbagai aspek, baik fisik maupun non fisik.

“Untuk itu, berbagai fasilitas fisik yang telah dibangun pada TMMD ke-118, agar dipelihara dengan sebaik-baiknya untuk kemaslahatan seluruh warga masyarakat, sekaligus dijadikan motivasi untuk melakukan pembangunan fasilitas lainnya secara mandiri dan berkesinambungan,” ujar Danrem.

Sementara itu, Dandim 0309/Solok, Letkol Inf Aji Satrio SE, M.Si, tak lupa menyampaikan terima kasih kepada anggota Satgas TMMD 118 dan semua pihak yang membantu penyelenggaraan TMMD, khususnya warga Nagari Tanjung Alai yang terjun langsung membantu pelaksanaan kegiatan.

“Sesuai rencana, semua kegiatan TMMD baik itu kegiatan fisik berupa buka jalan usaha tani, rehab RTLH dan sasaran tambahan berupa pengecoran jalan SDN 28 Tanjung Alai serta kegiatan non fisik sudah 100 persen dilaksanakan tepat waktu,” ungkap Dandim.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Kabupaten Solok Medison, S.Sos, M.Si, atas nama Pemerintah Kabupaten Solok, Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Danrem 032 Wira Braja, Bapak Dandim 0309 Solok beserta seluruh anggota TNI dan masyarakat yang terlibat pada penyelenggaraan TMMD yang ke-118 sejak awal sampai akhir, sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan sukses
Hari ini masyarakat kami di Nagari Tanjung Alai bisa tersenyum bahagia dan bangga, karena berkat program TMMD ke-118 ini, beberapa akses pembangunan fisik yang menjadi dambaan mereka selama ini sudah terbangun baik dan telah diperbaiki oleh satgas TMMD ke-118 Kodim 0309 Solok.

“Nilai positif dari hasil pelaksanaan TMMD ini, dapat menjadi momentum untuk kita membangun semangat kebersamaan, semangat kegotong royongan, saling membahu dan saling membantu. Semangat yang dapat mendekatkan TNI dengan rakyat. Karena TMMD juga merupakan bagian dari komitmen, sinergi dan integrasi TNI bersama masyarakat dan pemerintah, dalam membangun daerah dan mensejahterakan masyarakat,” tutup Medison.(adm)