free stats

Bank Nagari Gelar Webinar Potensi Ekonomi Keuangan Syariah Dalam Menggerakan Perekonomian Nasional

Andalaspos.com,Padang – Bank Nagari menggelar webinar dengan tema “Potensi Ekonomi Keuangan Syariah Dalam Menggerakan Perekonomian Nasional” sebagai salah satu rangkaian acara Bulan Ekonomi Syariah Sumatera Barat yang sudah dimulai dari pelaksanaan Festival Ekonomi Syariah Minangkabau dan launching Gerakan Minangkabau Berwakaf pada tanggal 3 Agustus 2021.

“Kita mengapresiasi Komisaris Utama dan Direktur Utama Bank Nagari beserta seluruh jajaran yang secara cepat melakukan langkah nyata menyukseskan Bulan Ekonomi Syariah Sumatera Barat dengan melaksanakan Seminar atau Webinar pada hari ini dengan tema yang sangat menarik dan sangat bermanfaat,” kata Gubernur Sumbar, Mahyeldi saat membuka webinar di Padang, Kamis.

Ia mengatakan pengembangan perekonomian syariah nasional memang tidak terlepas dari keaktifan dan konsistensi program-program pengembangan ekonomi syariah di Sumatera Barat.

Menurutnya ekonomi syariah sangat sesuai dengan kearifan lokal yang berkembang di Sumatera Barat yaitu “Adat Basandi Syarak, arak Basandi Kitabullah“ yang tentunya menjadi modal bagi keberhasilan pengembangan ekonomi keuangan syariah di daerah ini.

Instrumen ekonomi yang ada di Sumatera Barat saat ini bisa menjadi sumber penguatan ekonomi Keuangan Syariah, diantaranya adanya Pemerintahan Nagari, Koperasi Syariah, BPR Syariah, Bank Umum Syariah, Bank Nagari Syariah, prospek wisata berbasis syariah (wisata halal dan wisata religi), serta dukungan sinergi dan kolaborasi ekosistem ekonomi keuangan syariah di Sumatera Barat, baik yang bergerak secara perorangan maupun melalui organisasi dan komunitas.

Ia menyatakan tambahan pengetahuan, pemahaman, peningkatan wawasan dari pemateri masing-masing Ir. Putu Rahwidhiyasa, MBA.CIPM, Direktur Bisnis dan Kewirausahaan Komite Nasional Ekonomi Keuangan Syariah (KNEKS) yang mengangkat topik tentang “Potensi Ekonomi Keuangan Dalam Menggerakan Perekonomian Nasional dan Daerah”.

Kemudian, anara sumber berikutnya yaitu Bapak Prof.Dr.H. Salmadanis, M.Ag, Guru Besar Universitas Negeri Padang, yang akan mengangkat topik tentang “Potensi Wakaf Untuk Kemashalatan Bersama”.

Ia mengajak semua peserta untuk mengambil manfaat dari kegiatan itu untuk diimplementasikan dalam penguatan ekonomi keuangan syariah dan gerakan wakaf membangun negeri di Sumbar.

Gubernur menambahkan Provinsi Sumatera Barat telah ditunjuk menjadi salah satu Provinsi pilot project wakaf di tingkat nasional oleh Presiden Republik Indonesia. Potensi wakaf yang dimiliki oleh Sumatera Barat akan sangat bermanfaat untuk mendukung pergerakan perekonomian masyarakat baik di bidang pertanian, peternakan kan, serta pemberdayaan UMKM.

Kegiatan ini diharapkan dapat menambah semangat dan dorongan bagi seluruh stakeholders untuk mengembangkan ekonomi syariah dalam aktivitas kehidupan sehari-hari dan juga akan memperkuat kebijakan pemerintah dalam pengembangan ekonomi syariah di Sumatera Barat, seperti Gerakan Minangkabau Berwakaf, Gerakan Berwakaf Pejabat Daerah dan ASN Pemerintah Daerah, Gerakan Bank Nagari Berwakaf, Gerakan BUMD Berwakaf, Penguatan Unit Usaha Syariah Bank Nagari dalam rangka persiapan konversi menjadi Bank Umum Syarsah, fasilitasi halal untuk produk UMKM dan lain sebagainya.

Pada kesempatan itu ia juga mengucapkan selamat kepada Bank Nagari yang baru saja dipercaya oleh Kementerian Agama Republik Indonesia dengan diberikan izin sebagai “Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang (LKS-PWU)”.(Hms)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *