free stats

Bentuk Arsitektur Yang Mempesona Dimiliki Candi Ijo

Jawa Tengah, AP – Semua candi –candi yang ada di Jogja, masing-masing  mempunyai panorama yang berbeda-beda. Cantik dan mempesona, memang itulah yang terlihat berdiri megah di masing-masing candi tersebut. Setiap wisatawan yang pergi berlibur ke Yogyakarta ini, mayoritas dari mereka tidak pernah melewatkan kecantikan dan panorama candi – candi itu. Salah satunya adalah Candi Ijo.

Jika mendengar dari namanya saja mungkin akan terlintas atau terbayang dalam benak kita bahwa candi ini berwarna Hijau atau Ijo, namun pada kenyataanya tidaklah seperti itu. Candi ini berwarna hitam yang berasal dari batu – batuannya. Candi Ijo merupakan sebuah nama kompleks candi yang terletak di atas bukit Gumuk Ijo, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman, Jogjakarta.

Diketahui bersama bahwa Candi Ijo berada pada ketinggian sekitar 410 mdpl. Dengan memiliki panorama yang sangat cantik dan megah. Candi Ijo merupakan salah satu Candi Hindu yang merupakan kebanggan masyarakat setempat. Saat memasuki pintu gerbang candi ini, kita dapat melihat ukiran berupa mulut raksasa berbadan naga. Kompleks candi ini memiliki 17 bangunan yang terdapat dalam 11 teras berunduk. Oleh karena itu, kemegahan ataupun keunikan yang dimiliki candi Ijo ini tidak kalah menariknya dibandingkan dengan candi-candi lainnya. (**)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *