free stats

Bupati Pasaman H. Benny Utama, SH, MM Hadiri Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Pasaman

Andalas Time.com – Usai mengikuti pelantikan oleh Gubernur Provinsi Sumbar H.Mahyeldi Ansharullah, SP bertempat di Auditorium Gubernur Sumatera Barat, Jum’at, 26/02/2021, Bupati Pasaman H. Benny Utama,SH MM, bersama Wakil Bupati Pasaman Sabar AS, S.Ag menghadiri Rapat Paripurna Ke-7 DPRD Kabupaten Pasaman dalam rangka penyampaian pidato sambutan Bupati Pasaman masa jabatan 2021-2024, dan Sekaligus Serah Terima Jabatan Bupati Pasaman yang sebelumnya dijabat oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Pasaman, Drs. H. Maraondak selaku Pelaksana Harian (Plh) selama 10 hari, Sabtu(27/02/2021)

Pantauan awak media, Rapat Paripurna ke 7 DPRD Kabupaten Pasaman tersebut, dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Pasaman, Bustomi, SE, MM.

Berdasarkan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri RI Nomor : 273/487/SJ tentang Penegasan dan Penjelasan Terkait Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) Serentak Tahun 2020 menyatakan, Bupati yang telah dilantik agar menyampaikan sambutannya sebagai Bupati pada Sidang Paripurna dimasing – masing DPRD setelah melakukan serah terima jabatan.

Sertijab dihadiri Gubernur Provinsi Sumatera Barat diwakili Kepala Biro Pemerintahan Drs. Iqbal Ramadi Payana, M.Si Kepala Biro Pemerintahan, Anggota DPRD Pasaman, Forkopimda Pasaman, Wakil Bupati Pasaman Periode 2010-2015 Daniel Lubis, Wakil Bupati Pasaman Periode 2016-2021 Atos Pratama, jajaran KPU dan Bawaslu Pasaman, para kepala SKPD, Camat se Kabupaten Pasaman, Tokoh Adat, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

Penandatanganan berita acara Sertijab Bupati oleh Bupati Pasaman H.Benny Utama, SH.MM
Usai penandatanganan berita acara Sertijab Bupati dan penyerahan memori jabatan, Drs. Maraondak menyampaikan selamat kepada Bapak H. Benny Utama dan Bapak Sabar AS, yang telah terpilih dan dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Pasaman masa bakti tahun 2021 -2024 disertai harapan semoga Allah SWT senantiasa memberikan kekuatan, bimbingan dan perlindungan selama menjalankan tugas.

Bupati Pasaman H. Benny Utama dalam sambutannya mengatakan, bahwa jabatan yang ia emban sebagai Bupati bersama Wakil Bupati, Sabar AS adalah amanah seluruh masyarakat Kabupaten Pasaman, dan ini akan menjadi modal utama kami dalam membangun Kabupaten Pasaman menuju masyarakat yang lebih baik dan bermartabat.

Ia menegaskan, bahwa pilkada telah usai dan yang menang adalah masyarakat Kabupaten Pasaman. “Marilah kita bersatu padu menyongsong dan melaksanakan pembangunan untuk kesejahteraan rakyat Kabupaten Pasaman”.

Selanjutnya Bupati Benny Utama menyampaikan visi misi dan beberapa agenda prioritas pembangunan yang direncanakan sebagai jawaban dari berbagai permasalahan dan kondisi di tengah-tengah masyarakat kita saat ini.

“Visi yang kita rumuskan adalah “terwujudnya masyarakat Pasaman yang lebih baik dan bermatabat”, jelas Bupati Benny Utama.

Suasana Sidang Paripurna, saat menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya
Katanya, masyarakat Pasaman yang lebih baik adalah peningkatan kondisi masyarakat melalui perbaikan di segala sektor untuk kesejahteraan masyarakat Pasaman.

Sedangkan masyarakat Pasaman yang bermatabat, ungkap Bupati Benny Utama, adalah kondisi masyarakat yang diakui dan dihormati dengan menjunjung tinggi nilai-nilai ketuhanan yang maha esa dengan selalu berpegang teguh kepada ajaran agama yang dianut dan adanya kemampuan untuk meningkatkan nilai-nilai budaya, ekonomi, pendididkan dan kesehatan.

Selanjutnya, untuk pencapaian visi tersebut, Bupati Benny Utama sampaikan 6 ( enam ) misi, yaitu :

1 Meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan terhadap tuhan yang maha esa dan meningkatkan peran lembaga adat
2. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia
3 Mewujudkan kualitas dan kuantitas layanan dasar
4. Meningkatkan kapasitas infrastruktur
5. Mewujudkan peningkatan ekenomi kerakyatan berbasis keunggulan lokal
6. Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih.

Pernyataan visi dan misi tersebut tentunya akan diimplementasikan pencapaiannya dengan beberapa agenda program prioritas, kata Bupati Benny Utama, antara lain :

1. Mengintegrasikan prinsip-prinsip keagamaan ke dalam kegiatan pemerintahan dan kehidupan masyarakat
2. Melibatkan peran tokoh adat dalam pelestarian adat istiadat dan pembangunan daerah.
3. Reformasi birokrasi dalam pemerintahan
Meningkatkan kualitas sumber daya manusia
4.Meningkatkan kualitas guru dan sarana prasarana pendidikan serta wajib belajar 12 tahun melalui pendidikan gratis dan beasiswa berprestasi.
5. Pelayanan kesehatan yang berkualitas melalui jaminan kesehatan masyarakat,
6. peningkatan sarana dan prasarana kesehatan serta kebutuhan medis dan paramedis.
7 Meningkatkan ketersediaan sarana dan prasarana infrastruktur dan informatika yang memadai, merata, dan proforsional terutama pada kecamatan yang masih minim infrstruktur.
8. Peningkatan taraf perekonomian masyarakat antara lain melalui pengembangan kawasan ekonomi sesuai potensi wilayah, menumbuhkembangkan umkm, peningkatan produksi dan produktivitas pertanian, perkebunan, dan perikanan.
9. Pengembangan pariwisata yang berwawasan lingkungan dengan memaksimalkan potensi wisata alam, fasilitas infrastruktur pariwisata dan peningkatan peran serta masyarakat .
10.pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan berbasis kearifan lokal serta penanganan bencana yang tepat waktu, terkoordinir dan tepat guna.
“Tentunya segala rencana dan harapan yang telah di rumuskan dalam visi dan misi tersebut, akan dapat dicapai dengan adanya dukungan penuh dari kita semua. Peran serta seluruh elemen sesuai dengan posisi dan kewenangannya akan menjadi salah satu kunci keberhasilan kita dalam membangun kabupaten pasaman yang kita cintai ini”, tutur Bupati Benny Utama.

“Kami akan segera bekerja terutama untuk mencapai target-target jangka pendek dan jangka menengah yang kita rencanakan. Untuk itu kepada kita semua yang hadir di ruangan ini dan juga kepada seluruh masyarakat Kabupaten Pasaman dimanapun berada, marilah kita bersatu dan bekerjasama untuk mewujudkan masyarakat pasaman yang lebih baik dan bermartabat”, ujar Bupati Benny Utama.

Terakhir, Bupati Benny Utama mengucapkan terima kasih kepada bapak H. Yusuf Lubis dan H. Atos Pratama yang telah berupaya dengan sepenuh hati dan pemikiran dalam membangun Kabupaten Pasaman pada periode 2016-2021.tentunya segala prestasi dan kerja baik yang telah dicapai akan terus kita tingkatkan kedepan.

Terima kasih juga ia sampaikan kepada pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Pasaman atas penyelenggaraan acara ini dan juga kepada KPU dan Bawaslu sebagai penyelenggara dan pengawas pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020 yang telah berjalan dengan baik dan sukses.(Tim)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *