free stats

Gubernur Mahyeldi Ikuti Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Kusuma Negara

Andalaspos.com,Sumbar – Apel Kehormatan dan Renungan Suci digelar dengan khidmat di Taman Makam Pahlawan Kusuma Negara, Lolong, Kota Padang, Rabu (17/8/2022) dinihari. Meski dilaksanakan sederhana, namun tidak mengurangi kesakralan pelaksanaan kegiatan tersebut.

Upacara yang menjadi bahagian dari rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-77 tahun ini, dimulai tepat pukul 00.00 WIB dini hari.

Apel dipimpin oleh Komandan Korem 032/Wirabraja Brigjen TNI Purmanto selaku inspektur upacara. Hadir Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi bersama jajaran Forkopimda Sumbar, diantaranya tampak Danlantamal II Padang, Laksamana Pertama Endra Sulistiyono, Danlanud Sutan Syahrir Kolonel Pnb Fahlefie, Ketua Pengadilan Tinggi Padang, Kejati Sumbar, Kabinda Sumbar dan Sekdaprov Sumbar. Turut hadir pula kepala OPD lingkup Pemprov Sumbar.

Selain itu, Apel Kehormatan dan Renungan Suci yang berjalan dengan penuh khidmat ini juga diikuti pasukan gabungan TNI-Polri.

Apel Kehormatan dan renungan suci ditandai dengan penyalaan api obor, dan doa serta mengheningkan cipta mengenang jasa arwah para pahlawan yang telah gugur.

Danrem juga membacakan naskah apel kehormatan yang menyatakan penghormatan yang setinggi-tingginya atas keikhlasan pengorbanan para pahlawan yang gugur dalam pengabdian serta perjuangan membela negara dan bangsa.

“Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang saudara-saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga,” ucap Danrem Brigjen TNI Purmanto, membacakan naskah.

Usai apel, Gubernur Mahyeldi menyatakan, rasa hormat sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan Pahlawan. Gubernur juga mengajak seluruh masyarakat, khususnya para generasi muda sebagai calon pemimpin masa depan bangsa untuk meneladani semangat juang para pahlawan.

“Sesuai dengan moto kemerdekaan tahun ini, pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat, mari jadikan momen kemerdekaan tahun ini sebagai semangat baru untuk bangkit seperti semangat para pejuang dan pahlawan kita yang rela berkorban jiwa raganya demi bangsa dan negara ini,” ujar gubernur.(doa/MMC)

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *