free stats

Majelis Taklim Gunung Panggilun Ikuti Vestival Bajamba

Padang AP- Kelurahan Gunung Pangilun kembali semarak dengan rangkaian festival. Setelah sukses dengan festival bintang qasidah, festival didikan subuh dan festival nasyid, kali ini digelar Festival Bajamba bertajuk “Sumarak Alek Rang Gunung Pangilun”.
Festival yang diikuti ribuan peserta utusan majelis taklim dan PAUD sekelurahan itu dilepas dari Masjid Raya Sumatera Barat, Ahad (17/12/2017). Kemudian arak-arakan melintasi Jalan Alai dan Jalan Gajah Mada sampai finish di Surau Jambak.

Pembina Majelis Taklim juga Bunda PAUD Kota Padang, Harneli Bahar mengatakan, kegiatan ini sebagai bagian dari pelestarian budaya dan adat Minangkabau.
“Kegiatan ini perlu terus dihidupkan agar ‘cupak tidak dituka urang panggaleh, jalan tidak diasak urang lalu’. Maknanya, agar budaya dan tradisi yang kita miliki tidak luntur tergerus perkembangan zaman,” kata istri Walikota Padang itu.

Ia mengapresiasi Lurah dan masyarakat Gunung Pangilun, Kelurahan Padang Utara yang juga melibatkan murid-murid PAUD. Keterlibatan anak -anak PAUD menjadikan momen ini sebagai ajang pengenalan adat dan tradisi Minangkabau kepada generasi muda sejak dini.

“Keterlibatan PAUD menjadi momen untuk pengenalan adat dan tradisi sejak dini terhadap generasi muda,” sebut Harneli.
Sedangkan, ninik mamak dari Kerapatan Adat Nagari (KAN) Padang Salapan Suku menilai kekegiatan yang diadakan sebagai korelasi nilai- nilai dari falsafah Adat Basandi Syara’ – Syara’ Basandi Kitabullah (ABS-SBK).

Senada dengan itu, Lurah Gunung Pangikun Andi Amir menuturkan, Festival Bajamba merupakan inisiatif kelirahan bersama warga. Didorong pula oleh keinginan warga untuk menghidupkan nilai-nilai madani di tengah masyarakat Gunung Pangilun.
“Ini inisiatif kami di kelurahan yang didukung warga dan tokoh masyarakat termasuk anggota DPRD,” ujar Andi.
Dukungan kegiatan yang diberikan anggota DPRD, menurut Andi Amir, yaitu merupakan alokasi anggaran pokok pikiran untuk kegiatan keagamaan, yaitu dari Wakil Ketua DPRD Kota Padang Wahyu Iramana Putra.

“Alhamdulillah rangkaian kegiatan festival sudah berjalan sejak bula Mei lalu. Sekarang adalah penutup dari semua rangkaian tersebut,” tukas lurah muda itu.
Adapun pemenang Festival Bajamba untuk kategorj Majelis Taklim (MT) yaitu, MT Al Iman, MT Nurul Islam, MT Alfaizin dan MT Al – Jihad. Sedangkan pemenang PAUD, yaitu PAUD Haluia Hanum, PAUD Tunas Bangsa, PAUD Sinar Gunung I, PAUD Sinar Gunung II dan Sinar Gunung IV. Masing pemenang mendapatkan hadiah sejumlah uang bervariasi.(hms)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *