free stats

Musrenbang RKPD 2021, Padang Barat Prioritaskan Kecamatan Yang Lebih Maju

Andalaspos.com – Sebagai etalase atau jantungnya perekonomian Kota Padang, Kecamatan Padang Barat akan terus diupayakan menjadi kecamatan yang lebih maju ke depan.

Camat Padang Barat Eri Sendjaya mengatakan, setidaknya ada dua prioritas pembangunan utama di Kecamatan Padang Barat di 2021. Dan hal itu juga seiring menindaklanjuti hasil positif yang diraih dari dana alokasi umum (DAU) tambahan.

Pertama kata Eri, yaitu peningkatan sarana-prasarana lingkungan, baik dalam bentuk pembangunan dan perbaikan jalan, perbaikan sanitasi, saluran air dan lain sebagainya. Sementara yang kedua adalah pemberdayaan masyarakat.

“Kita ketahui, Kecamatan Padang Barat ikonnya adalah pariwisata. Maka itu, selain memback-up dan mendukung program unggulan wali kota dan wakil wali kota, kita juga harus mampu meningkatkan pemberdayaan masyarakat salah satunya dalam hal mengembangkan UMKM,” sebutnya dalam kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Padang Barat dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Tahun 2021 di salah satu hotel berbintang di Padang, Senin (24/2/2020).

Dalam pengembangan UMKM di Kecamatan Padang Barat kata Eri, yaitu dengan menciptakan dan menunjang pemasaran produk-produk, souvenir atau berbagai kerajinan tangan dari masyarakat.

“Alhamdulillah, UMKM kita di Padang Barat sampai saat ini cukup maksimal yang didukung oleh hasil dari DAU,” ungkapnya.

Sementara itu, dari dua program yang menjadi prioritas tersebut, ia pun berharap semoga akan memunculkan UMKM-UMKM baru yang dapat berkiprah tidak hanya di dalam Kota Padang, namun juga bisa bersaing di level nasional bahkan internasional.

“Alasannya adalah, karena jumlah tingkat kunjungan ke hotel dan ke lokasi-lokasi wisata yang ada di Kecamatan Padang Barat dari tahun ke tahun yang semakin meningkat. Dan ini harus bersama-sama kita pertahankan dan tingkatkan lagi ke depan,” imbuhnya.

Lebih jauh dijelaskannya, berbicara inovasi yang akan dilakukan dan dikembangkan di Kecamatan Padang Barat ke depan adalah lebih memprioritaskan kepada pemberdayaan SDM aparatur di kelurahan se-Kecamatan Padang Barat.

“Hal ini alhamdulillah terbukti, dari 10 kelurahan yang telah melaksanakan Rapat Koordinasi Pembangunan (Rakorbang) beberapa waktu lalu, semuanya mampu memanfaatkan potensi wilayahnya. Apakah itu hotel, rumah makan, objek wisata dan lain sebagainya. Dan ini bentuk fasilitasi dan kolaborasi dari pihak ketiga dengan aparatur kelurahan dan LPM kelurahan setempat,” cetusnya.

Sementara tambah Eri lagi, dalam mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang grafiknya cenderung naik saat ini di Kota Padang, untuk di kecamatan yang ia pimpin Eri pun mengantisipasinya dengan membuat inovasi menjadikan salah satu RT dan RW di Kelurahan Belakang Tangsi melalui swadaya masyarakat sebagai percontohan. Yaitunya kawasan tersebut sudah dipasangi CCTV di setiap sudut lingkungan.

“Sehingga dengan itu, segala aktivitas dan apa yang terjadi di kawasan itu dapat dipantau dan dilihat secara langsung. Sehingga memberikan peringatan bagi siapa saja yang melakukan hal negatif. karena sudah terpantau oleh CCTV. Dan kami menargetkan upaya ini semoga dapat didukung langsung oleh para anggota DPRD Padang Dapil V khususnya yang berdomisili di Kecamatan Padang Barat. Semoga dengan itu semua kelurahan di Kecamatan Padang Barat dapat melakukan hal serupa,” paparnya.

Tak hanya itu, Eri Sendjaya pun bersama jajarannya juga akan berupaya membuat pusat kuliner baru salah satu lokasinya di kawasan Tugu Gempa dan sekitarnya.

“Kita akan berupaya memfasilitasi PKL dengan membuat pusat kuliner di sana nantinya. Karena kawasan tersebut sering dimanfaatkan masyarakat umumnya generasi milenial untuk saling berkumpul dan bersenda gurau di sore hingga malam harinya,” tandas Eri Sendjaya.

Sementara itu Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa menyambut baik digelarnya Musrenbang Kecamatan Padang Barat Tahun 2021 yang diikuti semua elemen dan pemangku kepentingan d kecamatan tersebut.

“Alhamdulillah kita di Kota Padang hingga saat ini sudah melaksanakan Musrenbang di beberapa kecamatan dan kali ini di Kecamatan Padang Barat. Kita sama-sama tahu bahwa kegiatan perekonomian Kota Padang semuanya lebih banyak bertumpu di Padang Barat di banding kecamatan lainnya. Harapan kami tentu, dengan Musrenbang ini seluruh pemangku kepentingan bisa memprioritaskan yang terbaik buat kecamatan ini ke depan,” harap Wawako Hendri dalam sambutannya sewaktu membuka secara resmi Musrenbang tersebut.

Menurut wawako, di banding kecamatan lainnya yang membutuhkan pembangunan infrastruktur dan lainnya, Kecamatan Padang Barat mungkin lebih mengarah kepada peningkatan SDM. Tapi itu tergantung dari hasil musyawarah dalam Musrenbang ini nantinya.

“Karena yang terbaik itu adalah bagaimana memperhatikan hal-hal yang bersifat mengoptimalkan peningkatan SDM dari masyarakat dan juga generasi-generasi muda. Karena, Kecamatan Padang Barat saya yakin dengan mottonya Kebut Saja (keberagaman etnis budaya tetapi satu tujuan) tentu akan menjadi penyemangat dan menentukan arah terbaik terkait apa saja yang dilakukan nantinya sesuai hasil musyawarah dan kesepakatan bersama salah satunya melalui Musrenbang kali ini,” ujar wawako.

Pada Musrenbang Kecamatan Padang Barat Tahun 2021 tersebut juga diselingi penandatangan komitmen bersama seluruh pemangku kepentingan di Kecamatan Padang Barat terkait pemberantasan penyakit masyarakat (pekat) dan menjaga daerah yang senantiasa aman dan tertib bagi masyarakat. Selain itu juga diserahkan ‘reward’ bagi kelurahan pelaksanan Rakorbang terbaik di Kecamatan Padang Barat.(hms)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *