Bekali Keterampilan, Siswa Dikmaba TNI AL Angkatan XLII/1 Pusdiktek Kodiklatal Lattek Peknubika

Andalaspos,Surabaya – Sebanyak 67 orang siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI Angkatan Laut Angkatan XLII/1 Kejuruan Mesin dan Listrik yang saat ini tengah menempuh pendidikan Tahap Dasar Golongan Lanjutan (Sargolan) di Pusdiktek Kodikdukum Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) mengikuti Latihan Praktek (Lattek) Penyelamatan Kapal, Nuklir, Biologi dan Kimia (Peknubika) di Pusat Peknubika Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Rabu (11/01/2023).

Menurut Komandan Sekolah Bintara (Danseba) Pusdiktek, Letkol Laut (T) Sungkono mewakili Komandan Pusdiktek Kolonel Laut (T) Fitanto Sony Suryono, tujuan dari Lattek ini adalah untuk membekali para siswa agar memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang penyelamatan kapal dan bahaya nubika, sehingga dapat mengaplikasikannya dalam kedinasan nanti.

Dansebatek menambahkan lattek Peknubika juga memiliki sasaran yakni mengenal organisasi PEK, melaksanakan tugas-tugas personel PEK, melaksanakan peran kebakaran, kebocoran dan nubika serta melaksanakan penyelamatan diri dan dokumen di kapal sesuai prosedur dengan baik dan benar.

Sementara untuk lattek yang berlangsung selama satu hari penuh ini , siswa melaksanakan materi latihan Penggunaan SCBA (Self Contain Breathing Apparatus) dan APD (Alat Pelindung Diri). Berikutnya latihan penanggulangan kecil di dalam ruangan menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) , dan latihan penanggulangan besar di dalam ruangan menggunakan pompa hydrant.

Selesai mengikuti Lattek ini diharapkan siswa mampu melaksanakan tugas-tugas yang berkaitan dengan penyelamatan kapal dan penanggulangan bahaya nubika dengan baik dan benar, sehingga diharapkan bisa menjadi prajurit TNI AL yang unggul, terampil dan profesional sesuai bidang tugasnya.

Demikian Berita Dinas Penerangan Kodiklatal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *