Mengenal Maigus Nasir, Sosok Pendamping Fadly Amran di Pilkada Padang 2024

Padang,Andalaspos – Di tengah hiruk pikuk perpolitikan Kota Padang menjelang Pilkada 2024, nama Maigus Nasir mencuat sebagai calon Wakil Wali Kota pendamping Fadly Amran.

Sosoknya yang multitalenta dan kaya pengalaman menarik perhatian publik untuk mengenal lebih dekat.

*Kiprah Pendidikan*

Maigus Nasir, lahir di Kota Padang pada 22 Agustus 1967. Ia menamatkan pendidikan di MTsN Gunung Panggilun Padang, dan MA Negeri Koto Baru Padang Panjang.

Rasa hausnya akan ilmu pengetahuan mengantarkannya meraih gelar Sarjana Pendidikan (S1) dalam bidang sejarah dari STKIP PGRI Sumbar pada tahun 2003.

Ia kemudian melanjutkan pendidikan Magister (S2) dalam pendidikan agama Islam di Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, yang diselesaikannya pada tahun 2023.

Di luar dunia pendidikan, Maigus Nasir pernah menjabat sebagai Komisaris Utama PT Raihana Mubarakah, sebuah agen perjalanan haji dan wisata.

Pengalamannya di dunia wirausaha ini menunjukkan kemampuannya dalam mengelola organisasi dan membangun jaringan.

*Kiprah Politik dan Pengabdian Masyarakat*

Karir politik Maigus Nasir dimulai sejak era reformasi. Ia pernah menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Padang periode 1999–2004.

Pengalamannya sebagai nakhoda legislatif menunjukkan kemampuannya dalam merumuskan kebijakan dan memperjuangkan aspirasi rakyat.

Pada Pemilu 2019, Maigus Nasir dipercaya oleh masyarakat Sumatera Barat untuk menjadi Anggota DPRD periode 2019–2024.

Kiprahnya di parlemen mencerminkan komitmennya dalam mengawal pembangunan daerah dan menyuarakan kepentingan masyarakat.

Di luar politik, Maigus Nasir aktif dalam berbagai organisasi kemasyarakatan. Ia saat ini menjabat sebagai Sekretaris Majelis Penasehat Partai Amanat Nasional Wilayah Sumatera Barat periode 2020–2025 dan Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Padang sejak 2010.

Pengabdiannya di organisasi menunjukkan kepeduliannya terhadap isu-isu sosial dan keagamaan.

Maigus Nasir juga pernah menjabat sebagai Direktur Eksekutif Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Padang, Ketua Harian Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Padang periode 2017–2022, dan Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Padang periode 2018–2023.

Kiprahnya di berbagai organisasi ini menunjukkan komitmennya dalam membantu masyarakat dan membangun nilai-nilai sosial dan keagamaan.

*Pendamping Sepadan untuk Fadly Amran*

Dengan segudang pengalaman, Maigus Nasir dinilai sebagai pendamping yang sepadan untuk Fadly Amran dalam Pilkada Padang 2024.

Kombinasi keduanya diharapkan mampu membawa perubahan positif dan membawa Padang menuju masa depan yang lebih baik.(**)