Padang dan Solok Selatan Rajai Cerdas Quran Sumbar

Padang,Andalaspos –Perhelatan Cerdas Quraan Padangtv tingkat Sumatera Barat berlangsung meriah dan Sukses. Grand Final yang di gelar di Aula kantor Gubernur Sumbar Rabu 5/6 berakhir dengan tampilnya Utusan Kabupaten Solok Selatan SMP Plus Darul Saleh sebagai Juara untuk tingkat Sekolah menengah Pertama. Sedangkan untuk Tingkat Sekolah Dasar juara pertama di rebut oleh SD IT KAHIRUL UMMAH dari Kota Padang.

Jalannya perlombaan Grant final yang berlangsung sejak sore hingga malam tersebut cukup sengit. Puluhan pertanyaan seputar Alquran dan Pendidikan Agama Islam yang diberikan Dewan juri, dilahap oleh seluruh peserta yang merupakan juara Perwakilan dari Kabupaten Kota di Sumbar.

Berbeda dari babak penyisiha, pada babak Grant Final ini baik tingkat SD dan SMP jalannya perlombaan terlihat sengit. Saling kejar poin adu cepat dan adu tepat mewarnai lomba yang diikuti anak-anak penghapal alquran tersebut.

Suasana kian semarak dengan dukungan suporter yang merupakan guru dan orang tua siswa-siswi Peserta Cerdas Qur’an. Tak kalah heboh, pendukung puluhan peserta grand final yang berasal dari daerah juga tersambung secara langsung melalui link zoom. Tak hanya itu para Bupati dan walikota serta Kepala Dinas ikut memberi semangat melalui link zoom.

“Acara yang luarbiasa, anak-anak ini adalah kekayaan dan aset kita di Minangkabau. Penguasaan mereka terhadap kandungan alquran dan ilmu Agama, tentunya buah dari pendidikan Karakter yang dilakukan secara serius,” terang Gubernur Sumbar Mahyeldi yang diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Hansastri.

Lebih jauh Hansastri, juga mengapresiasi apa yang di buat Padangtv menggelar iven Cerdas Qur’an yang dimulai dari daerah Kabupaten Kota dan puncaknya digelar pada tingkat Sumatera Barat.

“Iven Cerdas Qur’an yang digelar Padangtv ini wajib kita dukung dan kita gelar secara berkelanjutan. Ini adalah sebagai ajang bagi penghafal Qur’an atau hafiz untuk mengaktualisasikan diri dan ajang silaturahmi bagi hafiz dan guru-guru Agama yang tersebar diberbagai wilayah di Sumbar” tegas Sekdaprov.

Sementara itu Direktur Operasional Padangtv Rita Gusveniza didampingi Manager Padangtv Defri Mulyadi bertekat menjadikan iven Cerdas Qur’an menjadi agenda rutin Padangtv. Banyaknya dukungan dari sejumlah daerah baik itu kepala daerah, insan pendidikan, orangtua siswa dan sejumlah tokoh, tentunya menjadi motivasi padangtv untuk terus menggelar iven-iven pendidikan.

“Grand final yang luarbia, tentunya kita dari padangtv mengucapkan terimakasih atas partisipasi dan dukungan dari semua pihak yang ikut menyukseskan iven ini. Ini adalah awal kita selalu menggabungkan alquran di ranah minang dan insyaallah kita akan lanjut lagi gelar penyihan Cerdas Qur’an di tingkat Kabupaten Kota,” terang Rita Gusveniza.(**)

Berikut Daftar Pemenang Cerdas Qur’an Tingkat Provinsi Sumatera Barat.
Tingkat SD
1.SD IT KAHIRUL UMMAH KOTA PADANG
2. SD 01 SULIKI – LIMA PULUH KOTA
3. SD IUT PADANG SIBUSUK – SIJUNJUNG

Tingkat SMP
1. IBS SMP PLUS DARULSALEH TIM 3 – SOLSEl
2. MTS ALAM SAMUDRA ALFATIHAH -DHAMASRAYA
3. SMP IT ABI CENTER – AGAM.