Wagub Audy Joinaldy Terima Penghargaan Kwarda Tergiat I Regional Sumatera untuk Kwarda Gerakan Pramuka Sumbar

Andalaspos,Banda Aceh – Kwartir Daerah Gerakan Pramuka (Kwarda) Sumbar meraih predikat Kwarda Tergiat II Regional I Sumatera periode 2018-2023. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Wakil Gubernur (Wagub) Sumbar yang juga Ketua Kwarda Sumbar, Kak Audy Joinaldy, saat Musyawarah Nasional (Munas) XI Gerakan Pramuka di Balee Meuseuraya Aceh, Banda Aceh, Sabtu (02/12/2023).

“Kita bersyukur dan tentu saja penghargaan ini adalah kebanggaan bagi Sumbar. Selain itu, tentu kita layak menaruh apresiasi kepada seluruh Pramuka di Sumbar, karena berkat giat-giat yang dilakukan selama kurun tahun ini, Sumbar berhasil meraih predikat sebagai Tergiat II di Regional Sumatera,” ucap Wagub Audy usai menerima penghargaan tersebut.

Wagub Audy juga menyatakan ucapan terima kasih kepada Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, terutama kepada Ketua Kwarnas Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso beserta jajaran, yang telah mempercayai Kwarda Sumbar untuk menyandang predikat sebagai Kwarda Tergiat II tingkat Regional Sumatera pada tahun ini.

“Ke depan tentu kita berharap ada peningkatan dalam kegiatan kepramukaan di Sumbar, sehingga sedapat mungkin kita menjadi yang Kwarda Tergiat di regional, bahkan kalau bisa di tingkat nasional juga mendapatkan prestasi yang serupa. Tentu saja, ini sangat bergantung pada kegigihan dan komitmen seluruh pengurus daerah dan seluruh Pramuka di Sumbar,” ucap Audy lagi.

Ada pun daftar Kwarda Tergiat Tingkat Regional dan Nasional Periode 2018-2023 sebagaimana terlampir dalam Surat Keputusan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Komjem Pol (Purn) Drs. Budi Waseso antara lain sebagai berikut; Kwarda Tingkat Nasional Tergiat 1 diraih oleh Jambi, disusul oleh Lampung sebagai Kwarda Tergiat II, dan Kalimantan Timur sebagai Kwarda Tergiat III.

Kemudian, pada Regional I Sumatera, Kwarda Tergiat I diraih Sumatera Selatan, disusul Sumatera Barat sebagai Tergiat II, dan Bengkulu sebagai Kwarda Tergiat III. Ada pun di Regional II Jawa, Bali, NTT; diputuskan sebagai Kwarda Tergiat I Jawa Barat, Kwarda Tergiat II Jawa Tengah, Kwarda Tergiat III Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selanjutnya, di Regional III Kalimantan-Sulawesi, Kwarda Sulawesi Selatan menjadi Tergiat I, disusul Kalimantan Selatan dan Gorontalo sebagai Kwarda Tergiat II dan III. Sementara itu di Regional IV Maluku-Papua, Kwarda Tergiat I diraih Maluku Utara, Tergiat II Maluku, dan Tergiat III adalah Kwarda Papua. (adpsb/isq/bud)