Terlaksana Sesuai Rencana, Latsunaslat TA 2023 Resmi Ditutup

Andalaspos,Surabaya – Terlaksananya sasaran, tujuan hingga hasil latihan yang sesuai rencana, Latihan Penyusunan Naskah Latihan (Latsunaslat) TA 2023 resmi ditutup oleh Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) Letnan Jenderal TNI Marinir Suhartono selaku Direktur Latihan, bertempat di Auditorium Gedung Sudomo (JOPR) Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Senin (27/2).

Latsunaslat TA 2023 dilaksanakan sejak tanggal 7 Februari 2023 dan melibatkan 339 personil yang meliputi 139 orang sebagai Penyelenggara, dan 200 orang pelaku yang terbagi dalam lima Komando latihan (Kolat) yakni Kolat A di Koarmada I, kemudian Kolat B di Pasmar 1, Kolat C di Koarmada II, dan Kolat D di Pasmar 2, serta Kolat E di Koarmada III (Sorong).

Sesaat sebelum Latsunaslat TA 2023 resmi ditutup, di tempat yang sama lebih dulu dilaksanakan Kaji Ulang Latihan oleh Direktur Latihan Kodiklatal selaku Wadirlat Latsunaslat Brigjen TNI Marinir Widodo. Setelah melalui beragam proses akhirnya diperoleh kesimpulan bahwa dalam Latsunaslat TA 2023 telah terlaksana kerjasama yang baik, tercapainya pemahaman dan kemampuan Perwira TNI AL sehingga terwujud sinkronisasi di level Kelompok Perencana Latihan dalam penyusunan RGB, dan level Staf Latihan dalam penyusunan Naskah Latihan meliputi Naskah RGB, Buku I, Buku IIA, Buku IIB dan Buku III.

Sementara itu dalam amanatnya Dankodiklatal mengatakan jika penyusunan naskah latihan merupakan hal yang sangat penting mengingat dalam mendukung pelaksanaan latihan dengan skala besar seperti Latihan Gabungan TNI, diperlukan suatu penyelenggaraan latihan yang cermat yang dimulai dari tahap perencanaan, persiapan, pelaksanaan sampai dengan tahap pengakhiran agar pelaksanaan latihan dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar.

“Oleh karena itu untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kemampuan kita sebagai perwira TNI AL , maka latihan penyusunan naskah perlu dilaksanakan secara berkala dan berlanjut. Sehingga jika nanti terlibat sebagai Kelompok Perencana Latihan (KPL) dan staf latihan, sudah memiliki bekal yang mumpuni dan mampu menguasai juga mahir dalam melaksanakan penyusunan dokumen dan naskah latihan pada penyelenggaraan latihan setingkat operasi gabungan TNI dalam rangka OMP,” terang orang nomor satu di jajaran Kodiklatal ini.

Pada kesempatan tersebut Dankodiklatal menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada penyelenggara yang telah merancang dan melaksanakan latihan yang baik ini. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada seluruh peserta, tim wasdal, tim penilai, tim evaluasi dan para pelaku serta semua pihak yang telah membantu dalam pelaksanaan latihan penyusunan naskah latihan TA 2023.

Demikian berita Dinas Penerangan Kodiklatal

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *